Strategi Mental Computation siswa bergaya belajar random dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial di Mi Ma’arif Sambiroto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alisa, Olivia Nindy (2016) Strategi Mental Computation siswa bergaya belajar random dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial di Mi Ma’arif Sambiroto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Materi operasi dasar aritmatika merupakan materi pembelajaran matematika yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah kegiatan transaksi jual beli. Kegiatan tersebut terkait perhitungan matematika dimana dalam perhitungan tersebut diperlukan kecakapan khusus dalam berhitung. Berhitung berkaitan erat dengan bilangan. Penggunaan strategi mental computation merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreatifitas dan kebebasan berpikir siswa mengenai bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap strategi mental computation siswa yang digunakan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dibedakan dari gaya belajar random konkret dan random abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah 4 siswa kelas V MI Ma’arif Sambiroto yang terdiri dari 2 subjek bergaya belajar random konkret, dan 2 subjek bergaya belajar random abstrak. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, peneliti melakukan triangulasi waktu. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan strategi mental computatioan siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: Siswa bergaya belajar random konkrit (RK) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pada operasi penjumlahan lebih cenderung menggunakan strategi working from the right dan penjumlahan bersusun, pada operasi pengurangan lebih cenderung menggunakan strategi pengurangan bersusun, pada operasi perkalian menggunakan strategi perkalian bersusun, dan pada operasi pembagian menggunakan strategi make it multiplication. Sedangkan siswa bergaya belajar random abstrak (RA) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pada operasi penjumlahan lebih cenderung menggunakan strategi working from the right, pada operasi pengurangan cenderung menggunakan strategi pengurangan bersusun, pada operasi perkalian menggunakan strategi perkalian bersusun, dan pada operasi pembagian menggunakan strategi make it multiplication.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alisa, Olivia Nindyolivianindyalisa@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUswah Sadieda, Lisanullisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ALISA OLIVIA NINDY
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:34
Last Modified: 08 Nov 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item