IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM INKLUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 LEMAH PUTRO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Fitri (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM INKLUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 LEMAH PUTRO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian atau tugas akhir ini adalah adanya pendidikan bagi penyandang difabel yang sebagian besar masyarakat belum sepenuhnya memberikan hak pendidikan kepada para penyandang difabel. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan bagi anak penyandang difabel harus dipisahkan dari pendidikan bagi anak pada umumnya (anak yang normal), seperti menempatkan anak yang difabel pada lembaga pendidikannya yang khusus (SLB) bagi mereka. Sesungguhnya, paradigma seperti ini bukanlah suatu solusi yang tepat bagi penyandang difabel. Terdapat paradigma yang lebih sesuai bagi penyandang difabel untuk memajukan pendidikannya, yaitu sistem pendidikan inklusi. Melihat akan hal itu sekolah yang mengimplementasikan ideology pendidikan inklusi juga harus mengenal dan merespon setiap kebutuhan yang berbeda-beda dari setiap siswanya. Seperti mengakomodasi berbagai macam gaya belajar, serta menjamin diberikannya pendidikan yang berkualitas kepada semua siswa.Untuk itu tentunya harus melalui manajemen yang baik, penyusunan kurikulum yang tepat, pengorganisasian yang baik, pemilihan strategi pengajaran yang tepat, pemanfaatan sumberdaya dengan sebaik-baiknya, dan penggalangan kemitraan dengan masyarakat sekitarnya. Pendidikan inklusi juga tidak lepas dengan siswa-siswa yang berprestasi, banyak cara yang dilakukan program inklusi untuk menjadikan anak inklusi lebih berprestasi lagi. Peningkatkan prestasi belajar siswa terjadi apabila orang tua siswa dan guru diberi otoritas dari sekolah, maka iklim sekolah akan berubah dalam mendukung pencapaian prestasi siswa. Latarbelakang yang demikian, menghasilkan judul; “Implementasi Manajemen Program Inklusi Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN 1 Lemah Putro Sidoarjo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Ada tiga pertanyaan besar yang peneliti cari; pertama manajemen program inklusi di SDN 1 Lemah Putro Sidoarjo, kedua cara meningkatkan prestasi siswa program inklusi di SDN 1 Lemah Putro Sidoarjo, dan yang ketiga implementasi manajemen program inklusi dalam meningkatkan prestasi anak berkebutuhan khusus di SDN 1 Lemah Putro Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang peneliti laksanakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Fitrisains.six@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen Program Inklusi; Prestasi Siswa Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Wulandari Fitri
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:57
Last Modified: 08 Sep 2016 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item