PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BANU HASYIM JANTI WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcholifa, Siti (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BANU HASYIM JANTI WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Minat belajar yang tinggi perlu bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim. Namun kenyataannya banyak diantara siswa yang memiliki minat belajar yang rendah dikarenakan jenuh dalam belajarnya, karena pergaulan, motivasi belajar yang rendah, kesehatan fisik, kompetensi/kemamapuan yang dimiliki peserta didik, fasilitas yang dimiliki, jarang masuk sekolah, tidak tertarik pada mata pelajaran tersebut dan sebagainya.
Kegiatan bimbingan kelompok tergsebut cukup efektif dalam membatu murid memecahkan masalah-masalah dengan melalui kegiatan kelompok. Masalah yang dihadapi mungkin bersifat kelompok, yaitu yang dirasakan bersama oleh kelompok atau bersifat individual yaitu dirasakan oleh individu sebagai anggota kelompok. Dengan demikian penyelenggaraan bimbingan kelompok mungkin dimaksudkan untuk membantu mengatasi masalah bersama atau membantu seorang individu yang menghadapi masalah dengan menempatkannya dalam suatu kehidupan kelompok Rancangan penelitian yang digunakan adalah product moment dan hasil penyajian data serta analisis data yang terkumpul, maka penulis menyusun beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Bahwa Layanan Bimbingan Kelompok di Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo tergolog baik dan sesuai dengan teori, hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui prosentase yang menghasilkan 79,11% bila nilai tersebut memberikan kisaran antara 70% - 100% berarti baik.
2. Minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo tergolog baik dan sesuai dengan teori, hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui prosentase yang menghasilkan 75,8% bila nilai tersebut memberikan kisaran antara 70% - 100% berarti baik.
3. Dari perhitungan diatas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsaawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo, maka diperoleh nilai rxy = 0,5604 kemudian pada tabel “r” product moment pada taraf 5% adalah 0,374 dan taraf 1% adalah 0,478. Maka dapat diketahui bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai taraf 5% dan 1%.
Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran : (1) pihak sekolah diharapkan memperhatikan dan memantau minat belajar siswa (2) konselor diharapkan membantu siswa meningkatkan minat belajar siswa, (3) peneliti lanjutan, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi sebab dalam penelitian ini dimaksudkan untuk melihat atau mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa. Untuk mendeteksinya digunakan beberapa rumus statistik sehingga penelitian ini disebut penelitian kuantitatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcholifa, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Minat Siswa
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 06:58
Last Modified: 18 Mar 2015 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item