Peningkatan hasil belajar Al Qur'an Hadits materi hukum nun sukun melalui metode Card Sort pada siswa kelas IV MINU Berbek Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musrifah, Mas Ayu (2016) Peningkatan hasil belajar Al Qur'an Hadits materi hukum nun sukun melalui metode Card Sort pada siswa kelas IV MINU Berbek Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa-siswi kelas IV dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi hukum nun sukun. Di MINU Berbek Sidoarjo, karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melafalkan, menghafal dan menerapkan hukum nun sukun. Maka perlu diterapkan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum nun sukun yaitu dengan menggunakan metode card sort. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode card sort dalam meningkatkan pemahaman materi hukum nun sukun Hadits di kelas IV MINU Berbek Sidoarjo, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadits dengan menggunakan metode card sort. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode card sort dalam meningkatkan pemahaman materi hukum nun sukun di kelas IV MINU Berbek Sidoarjo, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits setelah diterapkannya metode card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart, di mana dalam satu siklus terdiri dari lima tahapan, meliputi: refleksi awal, penyusunan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara , questioner dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Penerapan metode Card Sort berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari mulai pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II. (2). Peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa dari siklus I 69,62 secara klasikal belum tuntas dan belum memenuhi nilai KKM, kemudian menjadi 90,37 di siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa dari siklus I 62,96% dan untuk siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 92,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musrifah, Mas Ayumasayumusrifah@gmail.comD07211014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBadaruddin, Badaruddin--195304011981031002
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Musrifah Mas Ayu
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:33
Last Modified: 17 Dec 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item