Efektifitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan training super student untuk meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) siswa dalam menghadapi ujian niha'i di MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalin, Ilmi (2017) Efektifitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan training super student untuk meningkatkan rasa percaya diri (self confidence) siswa dalam menghadapi ujian niha'i di MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Adakah Pengaruh serta Perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Training Super Student untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri (Self Confidence) Siswa dalam Menghadapi Ujian Niha’i? (2) Seberapa besar tingkat efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Training Super Student untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri (Self Confidence) Siswa dalam Menghadapi Ujian Niha’i?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan eksperimen analisis uji-T (Paired Sample T-test). Pengumpulan data dengan menggunakan angket Pretest dan Posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 24 Siswa kelas XII MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Adapun indikator dari masing-masing variabel adalah 1) Memiliki dorongan untuk merancang mimpi sukses ujian niha’i, meyakini pentingnya impian dan cita-cita, menampilkan diri sebagai siswa yang unggul dalam sikap dan tindakan, serta memiliki keyakinan yang baik terhadap potensi dirinya untuk menghadapi ujian niha’i. 2) Bersikap positif, optimis, mandiri, serta tidak mudah menyerah. Dalam penelitian ini, proses konseling menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan training super student untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi ujian niha’i. Langkah awal untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidaknya, dan melihat adanya perbedaan atau tidaknya sebelum dan sesudah diberikan Training Super Student untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian Niha’i. Dengan melihat hasil uji-T (Paired Sample T-test) menunjukkan bahwa nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,50, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rasa percaya diri siswa pada data prestest dan posttest, dan juga adanya pengaruh REBT dengan Training Super Student untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian Niha’i di MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Langkah selanjutnya mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas dilihat dari hasil prosentasenya adalah 89,2 %, dengan melihat standar ujinya, dan dapat dikatakan bahwa Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Training Super Student “dikategorikan sangat efektif” untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian Niha’i di MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalin, Ilmiilmiamalin18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Mandiri
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy, percaya diri, menghadapi ujian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amalin Ilmi
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:57
Last Modified: 12 Oct 2017 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14952

Actions (login required)

View Item View Item