PENERAPAN TEKNIK REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI BINA BANGSA KREMBANGAN JAYA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syifaussurur, Muhammad (2017) PENERAPAN TEKNIK REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI BINA BANGSA KREMBANGAN JAYA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini ada dua, yaitu bagaimana proses penerapan teknik reward and punishment untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Jaya Surabaya Serta bagaimana hasil penerapan teknik reward and punishment untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Jaya Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik pemberian reward dan punishment dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Untuk menjawab permasalahan proses dan hasil tersebut, peneliti menggunakan tahapan bimbingan dan konseling secara umum. Motivasi belajar merupakan motivasi yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan keseluruhan penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dalam mencapai satu tujuan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh melalui observasi menunjukkan bahwa sebelum diterapkan teknik reward dan punishment, kondisi motivasi belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa berada dalam tingkat yang rendah karena faktor tidak adanya dorongan semangat dari orangtua dan minimnya motivasi dari diri siswa sendiri. Dampaknya siswa menjadi kurang perhatian terhadap mata pelajaran, tidak pernah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, suka mencontek pekerjaan temannya, suka berbicara sendiri di kelas saat pelajaran dan juga malas dalam belajar. Hasil dari teknik reward dan punishment, para siswa yang mempunyai motivasi rendah perlahan mulai berubah sedikit demi sedikit. Para siswa mulai memerhatikan guru dan tanggap ketika guru melontarkan pertanyaan. Para siswa sudah dapat mengerjakan tugas meskipun masih terdapat beberapa siswa yang membutuhkan pendampingan. Para siswa juga dapat mengerjakan PR, menskipun masih menyisakan dua sampai tiga anak yang terkadang tidak mengerjakan PR. Berkurang kebiasaan mencontek, bermain sendiri dan malas meskipun masih menggunakan teguran untuk mengingatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syifaussurur, Muhammadsyiefa.surur97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Teknik Reward dan Punishment; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Syifa'ussurur Muhammad
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:54
Last Modified: 21 Feb 2017 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item