KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKHNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENT SEORANG GURU DI MA MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofah, Nur (2017) KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKHNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENT SEORANG GURU DI MA MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling behavioral dengan menggunakan tekhnik assertive training dalam meningkatkan self confident seorang guru di MA Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? (2) Bagaimana hasil konseling behavioral dengan menggunakan tekhnik assertive training dalam meningkatkan self confident seorang guru di MA Miftahul Ulum? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Dalam menganalisa proses konseling behavioral dengan tekhnik assertive training dalam meningkatkan self confident seorang guru yang digunakan berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Tekhnik yang digunakan assertive training dengan prosedur role playing (bermain peran) pada proses konseling, konseli diminta untuk memainkan peran sebagai seorang guru yang tegas dan menarik juga berperan sebagai siswa yang nakal. Dalam hal ini konseli diharapkan bisa melihat dan merasakan tingkah laku yang menyebabkan self confidentnya rendah dan juga bisa menilai antara tingkah laku yang akan dipertahankan dan tidaknya. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan tekhnik assertive training dalam meningkatkan self confident seorang guru melalui permainan peran (role playing) mulai dari konseli berperan sebagai guru dan berperan sebagai siswa. Pada penelitian ini, proses konseling menggunakan konseling behavioral dengan tekhnik assertive training, dengan pendekatan ini konseli dapat meningkatkan self confidentnya dan hasil dari proses konseling ini cukup berhasil dengan perubahan pada perilaku konseli, yang mana hasil tersebut menunjukkan bahwa self confident konseli telah meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofah, Nurnurarofahn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Self confidence
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Arofah Nur
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:51
Last Modified: 22 Feb 2017 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item