PERSEPSI MASYARAKAT BULUSIDOKARE TERHADAP BANK SYARIAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahrizal, Achmad Badri Andry (2017) PERSEPSI MASYARAKAT BULUSIDOKARE TERHADAP BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana persepsi masyarakat kelurahan Bulusidokare terhadap bank syariah dan faktor-faktor yang mempengaruhiya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan informan dalam penelitian ini, yaitu masyarakat kelurahan Bulusidokare, baik yang menggunakan bank syariah maupun yang tidak menggunakan bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang tidak memilih bank syariah beranggapan bahwa bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Hal ini dikarenakan tingkat pengetahuan masyarakat yang rendah mengingat kurangnya promosi yang dilakukan bank syariah, serta kurangnya daya tarik bank syariah, selain itu budaya kerja yang mengharuskan karyawannya menggunakan bank konvensional juga turut mempengaruhi persepsi masyarakat. Namun, beberapa dari masyarakat yang telah menggunakan bank syariah beranggapan lebih menguntungkan menabung di bank syariah karena tidak ada unsur bunga di dalamnya, mendapatkan bagi hasil yang lumayan, serta lebih tenang dalam mengelola keuangan. Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap bank syariah diantaranya operasional bank syariah yang belum dimengerti masyarakat, sosialisasi dan promosi yang kurang, kualitas pelayanan yang kurang memuaskan dibandingkan bank konvensional, bagi hasil yang diperoleh sedikit, lokasi bank syariah yang masih jauh dari tempat tinggal masyarakat, dan terbatasnya ATM bank syariah. Melihat keadaan masyarakat yang seperti itu, bank syariah hendaknya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bank syariah, mulai dari sistem hingga produk-produknya. Bank syariah diharapkan memberikan promosi yang mengedukasi dengan mendekatkan diri kepada masyarakat secara langsung. Selain itu pemenuhan fasilitas-fasilitas yang menunjang pelayanan terhadap nasabah juga dibutuhkan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahrizal, Achmad Badri Andryachmadbadri1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sahrizal Achmad Badri Andry
Date Deposited: 22 Feb 2017 06:13
Last Modified: 22 Feb 2017 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item