This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningsih, Zuliana (2017) Etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
Abtrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (682kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Etika Marketer dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal (KSPPS MUI) Bungah Gresik” ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik dan bagaimana etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Tujuan skripsi ini untuk mengetahui mekanisme etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS MUI Bungah Gresik. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menemukan bahwa mekanisme etika marketer di KSPPS MUI Bungah Gresik melalui tahap perekrutan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perekrutan, calon AO melaksanakan tes tulis, tes wawancara, dan mengklarifikasi perilaku calon AO kepada orang terdekat calon AO. Pada tahap pelaksanaan, AO diberikan peraturan, program etika AO yang tertera di SOP KSPPS MUI Bungah Gresik, dan didukung dengan peraturan tambahan serta poster yang ditempel didinding koperasi. Sedangkan, etika marketer dalam meningkatkan jumlah anggotanya dengan memiliki kepribadian spiritual, berperilaku baik dan simpatik kepada semua anggota dan calon anggota, berlaku adil, bersikap melayani dan rendah hati, menepati janji dan tidak curang, bersikap jujur dan terpercaya terhadap produk yang ditawarkan, tidak suka berburuk sangka, dan tidak menjelek-jelekkan saingannya. Etika marketer yang dilakukan KSPPS MUI Bungah Gresik sejak tahun 2012 sampai tahun 2016 bulan Oktober meningkatkan jumlah anggota sebesar 4,5%. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada KSPPS MUI Bungah Gresik yaitu memberikan target kepada AO dalam meningkatkan jumlah anggota dan mengimbangi etika AO dengan pengetahuan ekonomi syariah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Pemasaran Etika Koperasi |
||||||||
Keywords: | Etika marketer; Koperasi Simpan Pinjam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ningsih Zuliana | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2017 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15513 |
Actions (login required)
View Item |