TAHLIL AL-AKHTHA’ AL-IMLA’IYYAH LIDI THULLAB MA’HAD AL-ISHLAH AL-ISLAMI SENDANG PACIRAN LAMUNGAN : DIRASAH TAHLIL AL-AKHTHA’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Nunung Fadhilah (2014) TAHLIL AL-AKHTHA’ AL-IMLA’IYYAH LIDI THULLAB MA’HAD AL-ISHLAH AL-ISLAMI SENDANG PACIRAN LAMUNGAN : DIRASAH TAHLIL AL-AKHTHA’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Dalam pembahasan ini, penulis melakukan penelitian kesalahan imla’ dengan menggunakan metode analisis kesalahan berbahasa pada tulisan siswa kelas tiga pondok pesantren Islam Al-ishlah sendang paciran lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat pada tulisan Bahasa Arab Siswa di Pondok Pesantran Islam Al-Ishlah Sendang Paciran Lamongan, sebab terjadinya kesalahan, agar tidak berkelanjutan dikemudian hari.
Peneliti memilih pondok pesantren Islam Al-Ishlah sendang paciran lamongan, karena pondok Al-Ishlah merupakan salah satu pondok Islam yang berkomunikasi sehari hari menggunakan bahasa arab dan bahasa inggis,dan pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang diutamakan pada pondok tersebut. dalam penelitian ini peneliti menggambil 20 tulisan santri kelas tiga sekolah menengah pertama pondok pesantren Islam Al-Ishlah untuk dianalisis.
Dalam penelitian ini, peneliti menggukanan Metode kualitatif, yakni, peneliti menggumpulkan data dari lembar penulisan siswa kelas tiga pondok pesantren Islam Al-ishlah sendang paciran Lamongan. Adapun langkah langakah yang digunakan peneliti untuk menganalisis kesalahan yakni Mengumpulka Data Lembar siswa, Mengidentifikasi Kesalahan, mendiskripsikan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan, Menjelaskan Kesalahan.
Dari hasil analisis peneliti Menemukan Beberapa Kesalahan Dalam Penulisan Imla’ yang dilakukan siswa kelas tiga sekolah menengah pertama Di Pondok Pesantran Islam Al-Ishlah Sendang Paciran Lamongan, Seperti Dalam Hal Berikut Ini:
1.Kesalahan Dalam Penggunaan Hamzah Qatha’.
2.Kesalahan Yang Adakalanya Didalamnya Terdapat Huruf Yang Ditulis Namun Tidak Diucapkan, Dan Adakalanya Huruf Yang Diucapkan Namun Tidak Ditulis.
3.Kesalahan dalam penggunaan Ta’maftuhah
Dari hasil analisis yang dilakukan, peneliti menemukan penyebab terjadinya kesalahan Imla’ yang dilakukan santri kelas tiga sekolah menengah pertama pondok pesantren Islam Al-Ishlah yaitu, ketidak tahuan santri akan kaidah bahasa yang ditargetkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nashruddin Idris
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Nunung FadhilahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Keywords: Imla'
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2015 01:36
Last Modified: 04 Feb 2015 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item