This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmiyah, Nunung Fadhilah (2014) TAHLIL AL-AKHTHA’ AL-IMLA’IYYAH LIDI THULLAB MA’HAD AL-ISHLAH AL-ISLAMI SENDANG PACIRAN LAMUNGAN : DIRASAH TAHLIL AL-AKHTHA’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembahasan ini, penulis melakukan penelitian kesalahan imla’ dengan menggunakan metode analisis kesalahan berbahasa pada tulisan siswa kelas tiga pondok pesantren Islam Al-ishlah sendang paciran lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat pada tulisan Bahasa Arab Siswa di Pondok Pesantran Islam Al-Ishlah Sendang Paciran Lamongan, sebab terjadinya kesalahan, agar tidak berkelanjutan dikemudian hari.
Peneliti memilih pondok pesantren Islam Al-Ishlah sendang paciran lamongan, karena pondok Al-Ishlah merupakan salah satu pondok Islam yang berkomunikasi sehari hari menggunakan bahasa arab dan bahasa inggis,dan pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang diutamakan pada pondok tersebut. dalam penelitian ini peneliti menggambil 20 tulisan santri kelas tiga sekolah menengah pertama pondok pesantren Islam Al-Ishlah untuk dianalisis.
Dalam penelitian ini, peneliti menggukanan Metode kualitatif, yakni, peneliti menggumpulkan data dari lembar penulisan siswa kelas tiga pondok pesantren Islam Al-ishlah sendang paciran Lamongan. Adapun langkah langakah yang digunakan peneliti untuk menganalisis kesalahan yakni Mengumpulka Data Lembar siswa, Mengidentifikasi Kesalahan, mendiskripsikan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan, Menjelaskan Kesalahan.
Dari hasil analisis peneliti Menemukan Beberapa Kesalahan Dalam Penulisan Imla’ yang dilakukan siswa kelas tiga sekolah menengah pertama Di Pondok Pesantran Islam Al-Ishlah Sendang Paciran Lamongan, Seperti Dalam Hal Berikut Ini:
1.Kesalahan Dalam Penggunaan Hamzah Qatha’.
2.Kesalahan Yang Adakalanya Didalamnya Terdapat Huruf Yang Ditulis Namun Tidak Diucapkan, Dan Adakalanya Huruf Yang Diucapkan Namun Tidak Ditulis.
3.Kesalahan dalam penggunaan Ta’maftuhah
Dari hasil analisis yang dilakukan, peneliti menemukan penyebab terjadinya kesalahan Imla’ yang dilakukan santri kelas tiga sekolah menengah pertama pondok pesantren Islam Al-Ishlah yaitu, ketidak tahuan santri akan kaidah bahasa yang ditargetkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nashruddin Idris | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kesusastraan > Arab | ||||||
Keywords: | Imla' | ||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2015 01:36 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2015 01:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/156 |
Actions (login required)
View Item |