Pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Ilfa Mahillatul (2017) Pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Prestasi keberhasilan pendidikan matematika di Indonesia dewasa ini masih di bawah standar Internasional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil studi internasional TIMSS dan PISA yang menyatakan bahwa pencapaian siswa Indonesia dalam bidang matematika masih sangat di bawah standar rata-rata skor internasional. Penyelesaian soal-soal tipe PISA dan TIMSS menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Sehubungan dengan itu, maka upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar dalam pembelajaran matematika khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa merupakan suatu kebutuhan yang mendesak untuk dilakukan. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap mampu melatihkan kemampuan pada ranah kognitif taksonomi bloom tingkat tinggi adalah metode brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan menerapkan metode pembelajaran brainstorming, (3) untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran brainstorming.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 8 SMAN 3 Sidoarjo. Dalam penelitian ini materi yang digunakan adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Untuk mendapatkan data skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pembelajaran, digunakan soal kemampuan awal dan akhir, lembar observasi keterlaksanaan RPP dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Wilcoxon signed rank, persentase keterlaksanaan dan persentase nilai respon siswa. Hasil dalam penelitian ini yaitu: pertama, terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kedua, keterlaksanaan sintaks pembelajaran matematika dengan menerapkan metode brainstorming termasuk dalam kategori efektif. Ketiga, respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan metode brainstorming adalah positif dan dikatakan efektif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Ilfa Mahillatulilfa.istiqomah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Metode brainstorming; Kemampuan berpikir tingkat tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Istiqomah Ilfa Mahillatul
Date Deposited: 21 Apr 2017 06:32
Last Modified: 21 Apr 2017 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item