Efektivitas strategi pembelajaran Afektif terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Khadijah 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Umrotul (2017) Efektivitas strategi pembelajaran Afektif terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Khadijah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektifitas pelaksanaan model pembiasaan dan modeling salah satu model strategi pembelajaran afektif terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Khadijah 2 Surabaya. Kajiannya dilatar belakangi oleh degradasi moral yang sudah banyak terjadi diantara para remaja saat ini, untuk itu perlu adanya perbaikan akhlak. Karena waktu keseharian anak sering dihabiskan di sekolah, maka penelitian ini difokuskan pada lembaga sekolah melalui pembelajaran yang laksanakan oleh sekolah, terutama pada ranah afektif siswa. Rumusan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) penerapan strategi pembelajaran afektif (model pembiasaan dan modeling) di SMP Khadijah 2 Surabay, 2) pembentukan akhlak di SMP Khadijah 2 Surabaya, 3) penerapan strategi pembelajaran afektif (model pembiasaan dan modeling) efektif membentuk akhlak siswa di SMP Khadijah 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan wawancara untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan strategi pembelajaran afektif (model pembiasaan dan modeling) (X) serta data akhlak siswa (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan dua variabel yaitu variabel X (strategi pembelajaran afektif berupa model pembiasaan dan modeling) dan variabel Y (akhlak siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik SPSS dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara strategi pembelajaran afektif (model pembiasaan dan modeling) terhadap pembentukan akhlak siswa. Hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi xy = 0.885 lebih besar dari pada nilai r tabel = 0,2542 dengan taraf signifikan 5%. Hasil korelasi dari dua variabel xy berada diantara 0,70 – 0,90 yang tergolong mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi dengan prosentase hubungan 78,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Umrotulumrotulhasanah03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasanah Umrotul
Date Deposited: 26 Apr 2017 03:38
Last Modified: 26 Apr 2017 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item