The use of SWELL to improve the students writing ability of narrative text at eleven grade of SMA GIKI 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Novita Eka (2017) The use of SWELL to improve the students writing ability of narrative text at eleven grade of SMA GIKI 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Menulis itu penting dalam proses belajar bahasa, karena peserta didik tidak hanya mendengarkan penjelasan atau instruksi guru, angkat bicara untuk menanggapi para guru atau membaca buku, artikel, atau lainnya dalam proses belajar mengajar, tapi juga peserta didik. Harus bisa menulis untuk menyeimbangkan kemampuan mereka dalam belajar bahasa asing. Guru di SMA GIKI 2 melakukan proses pengajaran dengan hanya mengikuti petunjuk dalam buku teks. Hasil penelitian ini adalah komposisi siswa banyak yang kurang terorganisir, kurang berkembang, secara tata bahasa canggung, dan terutama lemah dalam penggunaan kosa kata. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terhadap kemampuan menulis naratif siswa dengan teknik SWELL. Subyek penelitian adalah mahasiswa XI IPA 3 di SMA GIKI 2 SURABAYA. Peneliti mengambil satu kelas sebagai subyek penelitian ini dan ada 40 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Peneliti mengambil semuanya sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan Classroom Action Research (CAR) untuk mempresentasikan data. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah mengumpulkan tulisan naratif naratif atau dokumen studi. Peneliti langsung bertanya kepada naratif naratif menulis siswa yang mereka lakukan di kelas dengan teknik SWELL. Hasil penelitian ini adalah tiga kali pengamatan dimana peneliti telah menemukan bahwa siswa yang tergabung dalam XI IPA 3 menulis sebuah teks naratif dengan baik dan peneliti menyimpulkan bahwa teknik SWELL dapat digunakan untuk memperbaiki kemampuan menulis naratif teks. Rujuk ke pertemuan pertama yang berarti skor siswa adalah 75, 8% dan hanya delapan siswa atau empat pasang dari empat puluh siswa atau dua puluh pasang mendapat nilai lebih besar dari sama dengan pencapaian indikator. Pertemuan kedua, rata-rata skor siswa adalah 72, 35% atau penurunan rata-rata sebelumnya namun ada 17 siswa atau sembilan pasang (ada siswa yang absen) dari empat puluh siswa atau dua puluh pasang mendapat nilai lebih besar dari pada pencapaian indikator. Pertemuan terakhir, rata-rata skor siswa adalah 76, 58% dan dari 40 siswa yang berjumlah 31 siswa mendapat nilai lebih besar dari sama dengan indikator prestasi. Jadi, itu berarti teknik SWELL bisa membantu siswa meningkatkan kemampuan menulisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Novita Ekanovitaekaamalia18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Amalia Novita Eka
Date Deposited: 02 May 2017 08:15
Last Modified: 02 May 2017 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item