Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al Unwan dengan menggunakan strategi Qurat al Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Aminatuz (2017) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al Unwan dengan menggunakan strategi Qurat al Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Setiap kelas pasti memiliki permasalahan yang berbeda. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan permasalahan di kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo yakni dalam keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān. Siswa terlihat kurang terampil dalam berbicara, dikarenakan guru yang cenderung menggunakan metode ceramah sehingga membuat suasana pembelajaran monoton. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukannya inovasi, salah satunya yakni dengan menggunakan strategi Qurat al-Kalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān setelah menggunakan strategi Qurat al-Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwan setelah menggunakan strategi Qurat al-Kalam pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Sarirogo Sidoarjo. Model penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahap diantaranya yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan, wawancara, dokumentasi dan non tes (unjuk kerja). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan strategi Qurat al-Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān, pada siklus II lebih maksimal dan hasilnya telah melampaui indikator kinerja yang diinginkan dibandingkan siklus I, terbukti dari hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh prosentase 75 dan siklus II memperoleh 90. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh prosentase 68,1 dan pada siklus II memperoleh 90,9. (2) Bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi al-‘Unwān dengan menggunakan strategi Qurat al-Kalam, jika dilihat dari ketuntasan siswa dari siklus I mendapatkan kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik, terbukti dari rata-rata siswa siklus I yakni 71,6 dengan prosentase yakni 60,5% dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 81 dengan prosentase ketuntasan yakni 87%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Aminatuzzuhriyaha446@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Keterampilan berbicara; Bahasa Arab; strategi Qurat al Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhriyah Aminatuz
Date Deposited: 02 May 2017 08:40
Last Modified: 30 Aug 2017 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item