Perkembangan metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruqoyyah, Siti (2017) Perkembangan metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran aqidah akhlak dikarenakan mereka yang menganggap bahwasanya mempelajari aqidah akhlak merupakan mempelajari sesuatu yang abstrak yang sulit difahami, serta dikarenakan metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi yakni monoton hanya cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian yang berjudul Perkembangan Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo, serta bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data nya menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data nya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta trianggulasi. Setelah penelitian ini di Lakukan maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis datanya. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan dalam metode pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MTs. Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo walapun hanya sedikit, akan tetapi sudah dianggap cukup bagus. Terbukti dengan adanya perubahan dalam proses pembelajarannya, di mana pada sebelumnya hanya menggunakan metode ceramah, akan tetapi sekarang menggunakan metode yang bervariasi, yaitu disesuaikan dengan tingkatannya dan materi pelajarannya. Hal tersebut juga tidak lepas dari faktor-faktor pendukungnya yaitu dukungan dari sekolah, motivasi guru, minat peserta didik, sarana prasarana, kerjasama yang baik dengan orang tua, serta kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru aqidah akhlaq dan guru yang lain. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya semangat peserta didik, keterlambatan buku LKS, kurang dukungan dari orang tua dan lingkungan bermain

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruqoyyah, Sitisitiruqoyyah010@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: metode pembelajaran; aqidah akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruqoyyah Siti
Date Deposited: 03 May 2017 04:23
Last Modified: 03 May 2017 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16628

Actions (login required)

View Item View Item