Analisis maslahah terhadap peran Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dalam penyelenggaraan ibadah haji di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2011

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhamad Rizal (2012) Analisis maslahah terhadap peran Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dalam penyelenggaraan ibadah haji di wilayah Kabupaten Blitar tahun 2011. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (602kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16889

Abstract

Proses pelaksanaan ibadah haji di Indonesia merupakan potret tingginya antusiasme masyarakat muslim untuk menyelesaikan kewajiban ibadahnya, namun, dalam pelaksanaan ibadah ini masih terdapat problem yang membelenggu. Salah satunya adalah peran Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dalam penyelenggaraan ibadah haji dalam analisis maslahah. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaaan, 1) Apa saja kewajiban dan hak KBIH serta jama'ah haji yang terdaftar sebagai peserta bimbingan KBIH di Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana peran KBIH dalam memberikan bimbingan kepada jama'ah haji serta dalam pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Blitar? 3) Bagaimana urgensi peran KBIH dalam penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Blitar? Dalam rangka menjawab pertanyaan di atas, penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui teknik dokumentasi dan melakukan wawancara semi terstruktur dengan informan kunci atau responden, yaitu pimpinan atau staff lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji reguler. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan maslahah sebagai salah satu tujuan dari maqoshid syari'ah dengan teknik deskriptif kemudian dianalisis dengan analisis induktif. Berdasarkan basil pengumpulan dan analisis data, telah ditemukan beberapa temuan studi, antara lain 1) KBIH wajib memberikan bimbingan yang maksimal kepada jamaah haji yang menjadi peserta, baik bimbingan mental, fisik, administrasi, juga menjadi tempat menimba ilmu tentang ibadah haji, serta boleh menerima biaya bimbingan, dan Jamaah haji wajib melaksanakan perannya sebagai konsumen yang baik menurut undang-undang yang berlaku 2) Peran KBIH adalah dalam mempererat hubungan setiap jamaah dengan adanya pertemuan yang rutin dilaksanakan dalam rangka bimbingan, sampai ikut membantu pemerintah untuk mewujudkan ketertiban dan kelancaran ibadah haji, 3) Urgensi KBIH adalah sebagai tempat terpadu untuk menimba ilmu pengetahuan yang up to date dan mendalam tentang ibadah haji yang sangat penting dalam menjalankan ibadah seseorang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, ada beberapa saran yang ingin penulis sampaikan: Pertama, semua lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji, hendaknya benar-benar memahami peraturan perundang-undangan dan agar bisa lebib bersikap professional dalam pelayanan. Kedua, kepada jamaah haji agar lebih kritis dalam menerima pelayanan dari KBIH agar sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati, Ketiga kepada Kementerian Agama yang sesuai undang-undang sebagai pengawas kinerja KBIH, bendaknya lebih ketat dalam mengawasi kinerja dari KBIH yang memberikan pelayanan bimbingan kepada jamaah haji, serta hendaknya memberikan standart prosedur pelayanan yang baku untuk rancangan program layanan yang diberikan oleb KBIH agar tercapai pelayanan yang maksimal sesuai dengan tuntutan syari' at Islam dan peraturan perundang-undangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhamad Rizal--UNSPECIFIED
Subjects: Haji
Ibadah
Keywords: Kelompok Bimbingan Ibadah Haji; KBIH; penyelenggaraan ibadah haji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 May 2017 03:32
Last Modified: 08 Dec 2017 10:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item