Analisis pemahaman siswa SMP dalam pemecahan masalah aljabar berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianingsih, Elva (2017) Analisis pemahaman siswa SMP dalam pemecahan masalah aljabar berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran. Skemp mengkategorikan pemahaman siswa pada tiga kategori, yaitu pemahaman instrumental, relasional, dan formal. Pemahaman siswa dalam pemecahan masalah dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Gaya kognitif yang berkaitan dengan kebiasaan siswa dalam menggunakan alat panca indera dibagi menjadi dua kelompok, yaitu visualizer dan verbalizer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam pemecahan masalah aljabar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Gresik pada kelas IX-I dan IX-U, kemudian dipilih subjek penelitian yang terdiri dari 4 siswa masing-masing 2 siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penentuan subjek penelitian menggunakan Tes Gaya Kognitif (TGK) berupa Visualizer and Verbalizer Questionnaire (VVQ) yang dikembangkan oleh Richarson. Teknik pengumpulan data menggunakan Tugas Pemecahan Masalah (TPM) aljabar dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemahaman siswa dalam pemecahan masalah aljabar. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas dan kevalidan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki gaya kognitif visualizer dalam pemecahan masalah aljabar: (1) pada tahap memahami masalah, subjek visualizer memiliki pemahaman formal; (2) pada tahap menyusun rencana pemecahan masalah, subjek visualizer memiliki pemahaman instrumental; (3) pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek visualizer memiliki pemahaman formal; dan (4) pada tahap menguji kembali hasil yang diperoleh, subjek visualizer memiliki pemahaman instrumental. Sedangkan, subjek yang memiliki gaya kognitif verbalizer dalam pemecahan masalah aljabar: (1) pada tahap memahami masalah, subjek verbalizer memiliki pemahaman formal; (2) pada tahap menyusun rencana pemecahan masalah, subjek verbalizer memiliki pemahaman relasional; (3) pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek verbalizer memiliki pemahaman formal; dan (4) pada tahap menguji kembali hasil yang diperoleh, subjek verbalizer memiliki pemahaman relasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianingsih, Elvaelvayulianingsih27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulianingsih Elva
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:49
Last Modified: 13 Jun 2017 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item