Konstruksi pesan penyiar Radio Persada FM Lamongan: analisis konstruksi sosial dan realitas Peter L. Berger dan Luckmann tentang teori konstruksi sosial media massa: realitas iklan televisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Tri Puji (2012) Konstruksi pesan penyiar Radio Persada FM Lamongan: analisis konstruksi sosial dan realitas Peter L. Berger dan Luckmann tentang teori konstruksi sosial media massa: realitas iklan televisi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17463

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana susunan pesan penyiar dalam program acara kreasi musik persada FM, Bagaimana pola penyusunan pesan penyiar radio persada FM. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai konstruksi pesan penyiar persada FM, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Peter L. Berger, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang susunan pesan penyiar persada FM tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penyiar radio ini merupakan wacana dan memiliki kekhasan tersendiri terutama dalam penggunaan pilihan kata dan bahasa serta proses ketika siaran On Air yang disesuaikan dengan masyarakat sebagai pendengarnya. Bahasa penyiar yang digunakan merupakan bahasa santai, simple, bahasa anak muda dan gaul serta up to date karena sesuai dengan segmentasi acara yang dibawakan. Dalam konteks pemikiran Peter L. Berger dan Luckmann tentang konstruksi sosial mengurai teks naskah program siaran diawali dengan tipe monolog yakni menyusun naskah teks dengan mencari kata­kata yang menarik pendengar serta dalam proses siarannya penyiar menggunakan bahasa yang tidak baku dan lugas serta terdengar enjoy didengarnya karena konstruksi media massa tidak bisa langsung komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah dilakukan untuk memanggil khalayak karena khalayak belum tahu. Konstruksi media elektronik atas realitas sosial menempuh proses produksi. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan dalam mengkonstruksi pesan penyiar dan pengolahanya adalah (1) secara tampilan, perlu dipikirkan lagi aspek bahasanya, sehingga kesan dalam penyampaian pesan siaranya lebih meyakinkan., (2) meski penyusunan pesanya tergolong mudah dan menarik namun hendaknya proses konstruksi pesan penyiar radio ini melalui beberapa tahap, dan lebih menekankan pada informasi yang mendidik, yakni tim radio (struktur) menyiapkan bahan-bahan dalam persiapan program siarannya yaitu teks naskah, penyiar, pesan prolog, format dan segmentasinnya, sebagaimana tersebut dalam konsepsi teori Peter L. Berger dan Luckmann.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Tri Puji--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Konstruksi; pesan; penyiar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2017 05:03
Last Modified: 08 Dec 2017 11:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item