العناصر الإشارية في مسرحية "الأسير الكريم" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafidah, Rafidah (2017) العناصر الإشارية في مسرحية "الأسير الكريم" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Unsur-unsur deiksis merupakan unsur yang terdapat dalam sebuah ungkapan yang terikat dengan konteks pembicaraan. Deiksis berasal dari kata Yunani Kuno yang berarti “menunjukkan atau menunjuk”. Dengan kata lain informasi kontekstual secara leksikal maupun gramatikal yang menunjukkan pada hal tertentu baik benda, tempat, ataupun waktu. Objek dalam penelitian ini adalah teks drama sejarah “Al-asi>rul Kari>m” karya ‘Ali Ah}mad Ba>kathi>r dan sumber data dari teks drama yang sama. Drama ini menceritakan tentang kisah sahabat Nabi Muhammad SAW bernama H}ubaib bin ‘Ady yang menjadi tawanan keluarga Bani H}arith. Yang dikarenakan dia telah membunuh al-H}a>rith ayah dari ‘Uqbah ketika perang badar. Sehingga keluarga Bani H}arith menaruh dendam kepadanya dan menjadikan dia sebagai tawanan sampai dia mati. Dengan kesabaran dan keimanan yang kuat, H}ubaib tetap menerima siksaan demi siksaan yang dilakukakan kepadanya. Sampai dia meninggal dengan keadaan husnul khotimah mempertahankan keimannya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah, bagaimana macam-macam deiksis persona, tempat dan waktu dalam drama “Al-asi>rul Kari>m” karya ‘Ali Ah}mad Ba>kas}i>r? Dan apa fungsi deiksis persona, tempat dan waktu dalam drama “Al-asi>rul Kari>m” karya ‘Ali Ah}mad Ba>kathi>r?. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan menggunakan metode kualitatif sesuai dengan data yang diperoleh berupa kata-kata dan kalimat yang mengandung macam-macam deiksis yang ada dalam teks drama “Al-asi>rul Kari>m”. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis deiksis yang merupakan cabang ilmu pragmatik. Dengan analisis ini dapat diketahui referen dari penggunaan d}ami>r dalam teks drama yang merujuk pada persona, tempat, dan waktu pada konteks. Pada teks drama “Al-asi>rul Kari>m” karya ‘Ali Ah}mad Ba>kathi>r, peneliti menemukan ungkapan-ungkapan yang mengandung deiksis yang terdiri dari tiga macam deiksis. Pertama, deiksis persona (ishariyah shakhs}iyah) sebanyak 108 yang berupa kataforis deiksis (mutakallim atau mukhatab) dan anaforis (ghaib) baik yang befungsi sebagai pronomia afiksal (d}ami>r muttas}il) maupun pronomia leksikal (d}ami>r munfas}il). Kedua, deiksis tempat (isha>riyah maka>niyah) sebanyak 25 yang berupa lokasi relative, proksimal (qari>b), distal (ba’i>d). Baik yang berfungsi sebagai lokatif (mawqi’iyah), demonstrative (muashiriyah), dan temporal (zama>niyah). Ketiga, deiksis waktu (ishariyah zama>niyah) sebanyak 65 yang berupa deiksis waktu lampau (ma>d}iy) dan yang akan datang (mustaqbal). Baik yang berfungsi temporal (isha>riyah) dan non temporal (ghairu isha>riyah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafidah, Rafidahrafidahelraja@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: deiksis, drama karya Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: RAFIDAH RAFIDAH
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:32
Last Modified: 26 Jul 2017 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item