Implementasi nilai-nilai religius dan sosial dalam pembelajaran berbasis sentra dan area pada anak usia dini: studi multi kasus di kelompok bermain Muslimat Nahdhatul Ulama 73 Al Fitriyah Desa Peganden dan kelompok bermain Anggrek Desa Pongangan Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Fitriyatul (2017) Implementasi nilai-nilai religius dan sosial dalam pembelajaran berbasis sentra dan area pada anak usia dini: studi multi kasus di kelompok bermain Muslimat Nahdhatul Ulama 73 Al Fitriyah Desa Peganden dan kelompok bermain Anggrek Desa Pongangan Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Cover.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Semenjak lahir manusia telah dilengkapi dengan fithrah yang harus dikembangkan. Pendidikan merupakan sarana untuk membangun kepribadian seseorang menjadi lebih baik, namun pada kenyataannya pendidikan selama ini masih mengutamakan pengembangan pengetahuan saja, sedangkan nilai-nilai religius dan sosial belum tampak dalam kehidupan sehari-hari, belum lagi canggihnya teknologi yang membawa dampak negatif khususnya bagi anak-anak. Untuk itu diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah dengan menerapkan nilai-nilai religius dan sosial sejak usia dini, karena dengan pembiasaan nilai-nilai religius sejak dini diharapkan kelak menjadi manusia yang religius dan memiliki sikap sosial yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran berbasis sentra dan areadi KBM NU 73 Al Fithriyahdan KB Anggrek. 2. Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai sosial dalam pembelajaran berbasis sentra dan area di KBM NU 73 Al-Fithriyahdan KB Anggrek. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai religius dan sosial dalam pembelajaran berbasis sentra dan area di KBM NU 73Al-Fithriyahdan KB Anggrek. Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa 1. Implementasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran berbasis sentra dan area di KBM NU 73 Al Fithriyah dan KB Anggrek dilaksanakan melalui pembiasaan: berjabat tangan, mengucap salam, membaca syahadat, belajar membaca al-Qur’an, dan berdo’a; mengintegrasikan nilai-nilai religius dalam pembelajaran, melalui kegiatan spontan, kegiatan yang direncanakan, menciptakan suasana religius, dan melalui kegiatan ekstra kulikuler. 2. Implementasi nilai-nilai sosial dalam pembelajaran berbasis sentra dan area di KBM NU 73 Al Fithriyah dan KB Anggrek melalui pengembangan bidang pembiasaan: jujur, disiplin, tanggung jawab, mandiri, peduli lingkungan dan bersahabat; mengintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, melalui kegiatan spontan, dan kegiatan yang direncanakan. Strategi yang digunakan yaitu: keteladanan, pembiasaan, cerita dan bermain. 3. Faktor pendukungpenerapan nilai-nilaireligiusdansosial: kebijakan kepala sekolah, pendidik, keluarga, teman sebaya, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat penerapan nilai-nilai religius dan sosial: kompetensi akademik pendidik, kurangnya dukungan keluarga, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Fitriyatulfrosidah85@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pembelajaran berbasis sentra; Anak Usia Dini
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fitriyatul fitriyatul rosidah
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:52
Last Modified: 23 Oct 2017 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19439

Actions (login required)

View Item View Item