Efektivitas penerapan metode Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VII MTs Al Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihah, Ummi (2012) Efektivitas penerapan metode Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VII MTs Al Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (964kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19890

Abstract

Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan masalah yang diangkat : 1) Bagaimana penerapan metode Crossword Puzzle pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTs. Al­ Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTs. Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang Dan 3) Bagaimana efektifitas metode Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTs. Al-llisan Kalikejambon Tembelang Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen One Group Pre Test-Post test Design, dengan memberikan tes sebelum memberikan perlakuan (pre test), memberikan perlakuan (mengajar dengan metode crossword puzzle) dan tes sesudah memberikan perlakuan (post test). Pelaksanaan pembelajaran dengan metode crossword puzzle dilkukan dengan menyiapkan teka-teki silang yang akan dibagikan kepada setiap kelompok. Kemudian siswa dibagi menjadi lima kelompok, tiap kelompok mendapatkan satu jenis teka-teki silang untuk dikerjakan bersama-sama dalam satu kelompok. Setelah selesai melengkapi teka-teki silang, maka lembar teka-teki silang dikumpulkan kembali kemudian dikoreksi bersama. Hasil pre test menunjukkan hanya satu siswa yang mendapat nilai 7 dan empat siswa mendapat nilai 6, selebihnya mendapat nilai dibawah 6. Akan tetapi setelah dilakukan pembelajaran dengan metode crossword puzzle maka hasil prestasi siswa meningkat pada post test. Hasil post test menunjukkan hanya satu siswa mendapat nilai 6, tujuh siswa mendapat nilai 7, tujuh siswa mendapat nilai 8, empat siswa mendapat nilai 9 dan tiga belas siswa mendapat nilai I 0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode crossword puzzle terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs. Al-Thsan Kalikejambon Jombang terbukti efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihah, Ummi--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode Crossword Puzzle; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:58
Last Modified: 07 Dec 2022 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19890

Actions (login required)

View Item View Item