Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Jual Beli Barang Promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibtiyah, Mariyatul (2012) Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Jual Beli Barang Promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (620kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20694

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai: Bagaimana pelaksanaan jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing Surabaya? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing Surabaya? Bagaimana tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing Surabaya? Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara atau interview, kemudian dianalisis dengan menggunakan met ode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, praktek jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing merupakan praktek jual beli yang menggunakan akad saJam, yaitu suatu akad jual beli yang pembayarannya dilakukan terlebih dahulu dan barangnya diserahterimakan dikemudian hari sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Dalam jual beli tersebut, konsumen dapat melihat barang yang ditawarkan Sophie Martin dalam katalog promo. Jadi, pilihan konsumen terbatas pada yang telah disediakan Sophie Martin dalam katalognya. Menurut hukum Islam, karena jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing memiliki tingkat resiko yang merugikan konsumen lebih kecil atau mudaratnya lebih sedikit daripada manfaatnya dan dalam jual beli tersebut telah memenuhi rukun dan syarat-syarat jual beli saJam,, maka jual beli ini diperbolehkan dalam Islam dan memiliki kepastian hukum (sah hukumnya). Berdasarkan ketentuan-ketentuan yang ada di UUPK, jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada dalam UUPK. Pihak Sophie Martin telah memberikan informasi mengenai karakteristik suatu barang yang dijual dan memberikan ganti rugi kepada konsumen yang tidak mendapatkan barang yang telah dipesannya. Sebagaimana yang termaktub dalam pasal 7 UUPK dan 19 UUPK. Bagi pelaku usaha diharapkan dapat mengurangi tingkat resiko yang terjadi dalam jual beli barang promo di Sophie Martin Be Kho Pwee Bing. Bagi konsumen diharapkan lebih memperhatikan spesifikasi barang yang akan mereka beli, sehingga tidak teijadi kekecewaan ketika barang sudah diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibtiyah, Mariyatul--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Perlindungan konsumen; jual beli; Sophie Martin
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:39
Last Modified: 04 Oct 2018 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item