Pengembangan instrumen penilaian exemplar problem pada pokok bahasan aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Zenny Karina (2017) Pengembangan instrumen penilaian exemplar problem pada pokok bahasan aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (729kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Adapun tahapan pengembangannya yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation phase), fase desain (design phase), fase realisasi (realization phase), fase tes, evaluasi, dan revisi (development). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian exemplar problem, menemukan informasi validitas dan reliabilitas instrumen, serta mengetahui level kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjekuji lapangan dalam penelitian ini adalah 60 siswayang terdiri dari 29 siswa kelas VIII-AMTsN1Sidoarjo dan 31 siswakelas VIII-1 SMPNegeri 5 Sidoarjo.Penentuan subjek yaitu siswa yang telah mendapatkan materi operasi bentuk aljabar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data penilaian oleh para ahli, dan data hasil uji lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar catatan lapangan, validasi ahli, hasil tes exemplar problem. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis data catatan lapangan, analisis data lembar validasi, analisis hasil tes exemplar problem. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) deskripsi proses pengembangan instrumen penilaian exemplar problem; (2) validitas instrumen penilaian kesembilan butir soal dinyatakan valid, sedangkan satu butir soal pada nomor 7 dinyatakan tidak valid. Dikarenakan hasil validitas sebesar 0,196 kurang dari r_tabeldan berada pada kategori sangat rendah. Sehingga butir soal nomor 7 tidak dapat digunakan kembali. Sedangkan reliabilitas instrumen penilaian exemplar problem dinyatakan reliabel dengan kategori sangat tinggi yaitu sebesar 0,849; (3) level kemampuan pemecahan masalah rata-rata subjekberada pada level pelaksana (practitioner).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Zenny Karinazenhy.karina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Instrumen penilaian exemplar problem; level kemampuan pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ningrum Zenny Karina
Date Deposited: 15 Nov 2017 06:57
Last Modified: 15 Nov 2017 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item