Pengaruh metode pembelajaran Learning Starts with a Question and The Power of Two terhadap kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran PAI di SMKN I Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Nanda Ugig (2012) Pengaruh metode pembelajaran Learning Starts with a Question and The Power of Two terhadap kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran PAI di SMKN I Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21460

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam rnengkaji "Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question And The Power Of Two Terhadap Kecerdasan lntelektual Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN INgawi ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode pernbelajaran Learning Starts With A Question and The Power Of Two pada rnata pelajaran PAI di SMKN 1 Ngawi, bagairnana kecerdasan intelektual siswa pada rnata pelajaran PAI di SMKN 1 Ngawi, dan bagairnana pengaruh metode pernbelajaran Learning Starts With A Question terhadap kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran PAI bila dibandingkan dengan rnetode pembelajaran The Power Of Two di SMKN 1 Ngawi. Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalarn penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan untuk rnetode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji t (uji kesamaan dua rata-rata). Beradasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan metode Learning Starts With A Question termasuk kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata 3,8%. Analisis aktivitas siswa selama mengikuti metode Learning Starts With A Question tergolong aktif. Hal ini sesuai dengan jumlah rata-rata sebesar 81%, untuk aktivitas siswa aktif dan 19% untuk aktivitas tidak aktif siswa. Sedangkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan metode The Power Of Two selama dua kali pertemuan tennasuk kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata selama dua kali pertemuan yaitu sebesar 3,2%. Dan berdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti metode The Power Of Two dapat diketahui bahwa siswa tergolong aktif dengan jumlah rata-rata sebesar 74,2%, sementara jumlah rata­ rata tidak aktif siswa sebesar 25,8%. Dilihat dari skor post test siswa kelas eksperimen, nilai tertinggi I 00 dan nilai terendah 80. Sedangkan untuk nilai kelas kontrol, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70. Maka post test kecerdasan intelektual siswa dengan metode Learning Starts With A Question lebih besar dibandingkan metode The Power Of Two. Berdasarkan basil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil t hitung : 5,53 > t rabel : 1,65, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Nanda Ugig--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode pembelajaran; Learning Starts with a Question and The Power of Two
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:57
Last Modified: 01 Nov 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item