PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU MATEMATIKA DAN ILMU FALAK DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SUB POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DAN PENENTUAN ARAH KIBLAT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ZAHRO, QUDSIYATUZ (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU MATEMATIKA DAN ILMU FALAK DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SUB POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DAN PENENTUAN ARAH KIBLAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa di MA Mambaus Sholihin masih tergolong rendah untuk mata pelajaran umum, khususnya matematika. Para siswa cenderung lebih tertarik untuk
menekuni mata pelajaran agama. Motivasi belajar yang masih rendah menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian
tentang pengembangan perangkat pembelajaran terpadu matematika dan ilmu falak pada sub pokok bahasan trigonometri dan penentuan arah kiblat. Dalam penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran yang memadukan materi trigonometri dan penentuan arah kiblat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan hasil
perangkat pembelajaran terpadu matematika dan ilmu falak pada sub pokok bahasan trigonometri dan penentuan arah kiblat, respon siswa terhadap pembelajaran terpadu
matematika dan ilmu falak, serta hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan perangkat pembelajaran terpadu matematika dan ilmu falak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model
ADDIE terdiri dari lima tahap. Kelima tahap tersebut adalah tahap Analysis, Design,Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Ujicoba dilakukan pada 38 siswa kelas XII IPA 4 MA Mambaus Sholihin. Data dikumpulkan melalui data validasi ahli, tes, angket atau kuesioner, dan observasi. Data validasi ahli untuk mengetahui kevalidan hasil perangkat pembelajaran dari para ahli. Tes dan observasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Angket atau kuesioner digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh hasil validasi pada RPP adalah 3,99 sedangkan hasil validasi pada LKS adalah 3,66. Kesimpulannya adalah bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan. Respon siswa juga positif karena sebanyak 84,50% siswa menyatakan senang dan setuju dengan model pembelajaran yang diajarkan. Hasil belajar siswa juga bagus dan mengalami peningkatan dari sebelumnya karena sebesar 84,21% telah memenuhi kriteria ketuntasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab,M.Si.
Creators:
CreatorsEmailNIM
ZAHRO, QUDSIYATUZUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Terpadu; Arah Kiblat; Ilmu Falak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 05:20
Last Modified: 19 Aug 2015 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item