A CASE STUDY OF STUDENTS’ PERFORMANCE THROUGH SEATING ARRANGEMENTS AT X IIS-4 CLASS OF SMAN 4 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Hudi Agung (2015) A CASE STUDY OF STUDENTS’ PERFORMANCE THROUGH SEATING ARRANGEMENTS AT X IIS-4 CLASS OF SMAN 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Performan siswa menjadi hal penting yang berpengaruh pada proses pembelajaran. Pengaturan tempat duduk diperlukan dalam mengatur lingkungan kelas dan proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada pengidentifikasian
performan siswa yang terjadi pada siswa kelas X IIS-4 di SMAN 4 Sidoarjo. Peneliti menentukan penelitian ini sebagai studi kasus kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Penelitian ini menggunakan kelas X IIS-4 dengan total 33 siswa sebagai subyek penelitian. Dengan tambahan, peneliti menggunakan checklist observasi kelas dan questionnaire sebagai teknik untuk mencapai tujuan-tujuan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 kalimat mengenai performan siswa pada tiga model pengaturan tempat duduk yang menunjukkan perbedaan frekuensi dan selebihnya mempunyai perbedaan jumlah namun dalam frekuensi yang sama. mereka adalah: mampu focus pada setiap topic selama pelajaran, mampu
belajar secara mandiri, teguh pendirian dan pantang menyerah ketika menghadapi kesulitan atau kegagalan, menunjukkan keberanian untuk bertanya, mampu berkonsentrasi pada pelajaran, menolak untuk menerima pendapat orang lain jika tanpa alasan, tidak takut menjadi berbeda dan berani mengungkapkan pendapat, mampu memberi ide dan solusi terhadap berbagai permasalahan, mampu berkomunikasi secara efektif dengan siswa lainnya dan mengekspresikannya dengan
jelas, mampu memahami perasaan dan kebutuhan orang lain, menunjukkan sifat kepemimpinan dalam setiap aktifitas. Setiap pengaturan tempat duduk memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dalam hal ini terdapat beberapa perbedaan antara hasil penemuan dan teori. Seperti: penemuan menunjukkan bahwa siswa kesulitan untuk mendengarkan presentasi jika menggunakan pengaturan tempat duduk baris, hal sebaliknya ditunjukkan dalam teori. Berikutnya, aktifitas menonton video paling cocok menggunakan pengaturan tempat duduk berbentuk U, namun, dalam teori disebutkan bahwa hal tersebut termasuk dalam salah satu manfaat dari tempat duduk baris. Dari hasil penemuan menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai pengaturan
tempat duduk kelompok berpencar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dra. Irma Soraya,M.Pd. ; Diah Karmilasari Putri M.Pd.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Hudi AgungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Performan Siswa; Pengaturan Tempat Duduk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 09:02
Last Modified: 19 Aug 2015 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item