PENGARUH PENGGUNAAN BUKU KERJA LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BALONGBENDO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusiana, Ria (2015) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU KERJA LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BALONGBENDO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Semakin baik individu mengenali dirinya, maka semakin dalam ia menghargai dirinya sendiri. Ia juga dapat memahami perasaan serta memahami berbagai alasan pentingnya sesuatu bagi dirinya. Dengan hal tersebut pula, individu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan dirinya. Pemahaman diri ini dapat diperoleh melalui tersedianya berbagai informasi tentang diri yang salah satunya dapat diberikan melalui Buku Kerja Layanan Infromasi yang merupakan salah satu media pendukung tercapainya sebuah proses pemberian layanan informasi.
Di SMPN 2 Balongbendo, banyak siswa yang pemahaman dirinya rendah meskipun sudah difasilitasi media Buku Kerja Layanan Informasi. Berpijak dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo”.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi dan pemahaman diri.
Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak atau random sampling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebesar 20% sehingga sampel dalam penelitian ini sebesar 40 dari populasi sebanyak 198 siswa.
Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode angket berbentuk skala untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi terhadap pemahaman diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo, metode observasi dan interview untuk memperoleh data tentang penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi dan pemahaman diri, serta metode dokumentasi untuk menggali data tentang gambaran umum objek penelitian.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi dapat dikategorikan baik dengan prosentase 78%. Sedangkan pemahaman diri siswa juga dapat dikategorikan baik dengan prosentase 85%.
Selanjutnya, data yang diperoleh dari hasil skala tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis stastik korelasi product moment, diperoleh harga koefisien korelasi 0,353 dengan signifikansi 5% = 0,312 dari hasil tersebut terbukti ada pengaruh lemah atau rendah dari penggunaan Buku Kerja Layanan Informasi terhadap pemahaman diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Masyhudi Ahmad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusiana, RiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Buku Kerja Siswa; Layanan Informasi; Pemahaman Diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2015 05:02
Last Modified: 27 Oct 2015 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item