IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN I KWANYAR BANGKALAN MADURA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Siti Khotijah (2011) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN I KWANYAR BANGKALAN MADURA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Dalam proses hidup, manusia selalu berfikir pada berbagai hal meski sekecil apapun. Dari proses berfikir, manusia berusaha memunculkan sesuatu yang baru. Sesuatu yang muncul dalam pikiran itu dapat berupa konsep, ide, maupun kratifitas. Oleh karena itu, di dalam pikiran manusia, terdapat proses menerima pesan atau memori, kemudian proses pengolahan yang nantinya mampu menghasilkan berbagaikonsep maupun gagasan cemerlang. Pada proses belajar mengajar sering terjasi proses menerima pesan atau memori terhambat karena strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Salah satunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang identik dengan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan malah menghambat kreatifitas dan motivasi belajar siswa. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Strategi pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan untuk mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.
Berdasarkan penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa implementasi mind mapping dalam pembelajaran PAI di SMPN I Kwanyar Bangkalan cukup baik. Strategi ini sangat membantu siswa untuk aktif dan dapat meningkatkan motovasi, kreatifitas, dan minat belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hanun Asrohah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Siti KhotijahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Mind Mapping;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2016 08:44
Last Modified: 08 Jan 2016 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3124

Actions (login required)

View Item View Item