HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HUKUMAN DAN SELF-AWARENESS DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DARUL MA'RIFAT CABANG GONTOR 3 GURAH KABUPATEN KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswah, Khoirotun (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HUKUMAN DAN SELF-AWARENESS DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DARUL MA'RIFAT CABANG GONTOR 3 GURAH KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi hukuman dan self-awareness dengan kedisiplinan belajar. Subyek penelitian adalah siswa kelas delapan di Pondok Pesantren Darul ma’rifat cabang Gontor 3 Kabupaten Kediri sebanyak 80 orang siswa yang diambil melalui teknik quota sampling. Persepsi hukuman dan Self-awareness sebagai variabel bebas dan kedisiplinan belajar sebagai variabel terikat, dengan hipotesis yang diajukan pertama, apakah ada hubungan antara persepsi hukuman dan self awareness dengan kedisiplinan belajar? Kedua, apakah ada hubungan antara persepsi hukuman dengan kedisiplinan belajar? Dan ketiga, apakah ada hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan belajar?.Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala persepsi hukuman, skala self-awareness dan skala kedisiplinan belajar dengan model berbentuk skala likert yang terdiri dari lima alternative jawaban.
Berdasarkan pada tabel ANOVA diperoleh Fhitung sebesar 36.151 danFtabel sebesar 4.875 dengan nilai P = 0,000<0,05. Karena Fhitung>Ftabel hal ini berarti persepsi hukuman dan self-awareness secara bersama-sama berhubungan positif terhadap kedisiplinan belajar. Hasil analisis dengan menggunakan korelasi parsial diperoleh nilai t = 3,009 dan p = 0,003 yang berarti ada hubungan yang positif antara persepsi hukuman dengan kedisiplinan belajar. Hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan belajar diperoleh nilai t = 6,530 dan p = 0.000, yang berarti ada hubungan antara self-awareness dengan kedisiplinan belajar. Dari kesimpulan tersebut bisa di jelaskan bahwa Semakin siswa mempersepsikan hukuman sebagai hal yang positif dan semakin tinggi self-awareness maka semakin tinggi pula kedisiplinan belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Muhid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswah, KhoirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Hukuman; Self-Awareness; Disiplin; Belajar
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:59
Last Modified: 15 Jan 2016 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item