PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SURAT PENDEK AL-QUR’AN MELALUI MEDIA POSTCARD PADA SISWA KELAS III SD ADINDA SIDOSERMO INDAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Laily Maria (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SURAT PENDEK AL-QUR’AN MELALUI MEDIA POSTCARD PADA SISWA KELAS III SD ADINDA SIDOSERMO INDAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika pada siswa kelas III MI Badrussalam Surabaya pada materi menentukan luas dan keliling bangun datar sederhana masih belum maksimal, hal ini disebabkan tidak tersedianya media pembelajaran yang mendukung pemahaman siswa terhadap konsep luas dan keliling. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya pembelajaran dengan media permainan monopoli melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menentukan luas dan keliling bangun datar sederhana pada siswa kelas III MI Badrussalam Surabaya.
Tujun penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan media permainan monopoli pada materi menentukan luas dan keliling pada bangun datar sederhana mata pelajaran Matematika kelas III MI Badrussalam; (2) Mengetahui peningkatan kemampuan menentukan luas dan keliling pada bangun datar sederhana mata pelajaran Matematika kelas III MI Badrussalam melalui media permainan monopoli.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus dan sebelumnya dilakukan pre tes untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media permainan monopoli dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi menentukan luas dan keliling bangun datar sederhana, dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dapat diketahui nilai akhir aktivitas guru meningkat pada siklus I 72,2 menjadi 82,3 pada siklus II, sedangkan nilai akhir aktivitas siswa dari 68,3 pada siklus I menjadi 78,2 pada siklus II; (2) Kemampuan siswa dalam menentukan luas dan keliling bangun datar sederhana mengalami peningkatan pada tiap siklus. . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar dan prosentase ketuntasan belajar, yaitu rata-rata nilai belajar pre tes hanya mencapai 64,7 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 46,7 %, kemudian rata-rata nilai belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 71,7 dengan prosentase 66,7 %, dan pada siklus II rata-rata nilai belajar siswa telah mencapai 80,3 dengan prosentase ketuntasan belajar 90%. Sehingga terjadi peningkatan prosentase dari pra siklus ke siklus I sebesar 20 %, dan pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 23,3%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sihabuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Laily MariaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Hasil Belajar Matematika; Media Permainan Monopoli.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 01:01
Last Modified: 19 Jan 2016 01:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3484

Actions (login required)

View Item View Item