PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) MATERI PERISTIWA HIJRAH NABI KE THA’IF MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IVMI MAMBAUL ULUM KARANGNONGKO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyanti, Novita Dwi (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) MATERI PERISTIWA HIJRAH NABI KE THA’IF MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IVMI MAMBAUL ULUM KARANGNONGKO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya prestasi belajar siswa terhadap materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thaif pada mata pelajaran SKI kelas IV MI Mambaul Ulum Karangnongko. Prestasi belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, peneliti memberikan solusi tindakan pembelajaran melalui strategi Index Card Match.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Index Card Match sebagai upaya peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran SKI pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangnongko Mojokerto? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi Index Card Match pada pembalajaran SKI pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangnongko Mojokerto?
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada teknik observasi adalah dengan menggunakan lembar observasi aktifitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes peneliti menggunakan lembar penilaian Performence, akan tetapi pada teknik wawancara peneliti hanya melakukan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut : (1) penerapan strategi Index Card Match pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangnongko Mojokerto telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 73,91 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 87,5 (baik). Dan hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 70 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 92,5 (sangat baik). (2) terdapat peningkatan prestasi belajar SKI materi peristiwa hijrah Nabi ke Thaif dengan strategi Index Card Match pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangnongko Mojokerto. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 67,9 menjadi 87,2 pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 57,1 jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 92,8 jumlah siswa tuntas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M.Bahri Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyanti, Novita DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Sejarah > Islam
Sejarah
Keywords: Prestasi Belajar; Strategi Index Card Match; Hijrah Nabi ke Thaif; Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 03:10
Last Modified: 19 Jan 2016 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item