PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KETENTUAN KURBAN MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS V MI BAHRUL ULUM SAHLANIYAH KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma’rufah, Siti (2015) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KETENTUAN KURBAN MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS V MI BAHRUL ULUM SAHLANIYAH KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini adalah kurangnya minat belajar fiqih materi ketentuan kurban pada siswa kelas V MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian Sidoarjo dikarenakan guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode ceramah saja sehingga selama proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang terlibat aktif sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Dari penyebab tersebut berpengaruh pada minat belajar peserta didik menjadi rendah. Oleh sebab itu peneliti mengambil tindakan dalam upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui strategi Index Card Match.
Adapun rumusan masalahnya dari penelitian ini yaitu,1) Bagaimana minat belajar siswa pada materi ketentuan kurban di kelas V MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian sebelum diterapkan strategi Index Card Match?. 2) Bagaimana penerapan startegi Index Card Match pada mata pelajaran fiqih materi ketentuan kurban di kelas V MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian ? 3) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada materi ketentuan kurban di kelas V MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian setelah menggunakan strategi Index Card Match ?
Peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi.
Berdasarkan data hasil penelitian, minat belajar peserta didik kelas V setelah diterapkannya strategi Index Card Match menunjukkan peningkatan dari 11 peserta didik menjadi 16 peserta didik (dikategorikan cukup) pada siklus I. Minat belajar pada siklus I kategori tinggi dan sangat tinggi mengalami peningkatan dari 30 menjadi 44 (dikategorikan cukup). Dengan adanya kekurangan pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan-perbaikan yang diterapkan pada siklus II. Minat belajar siswa kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus II juga mengalami peningkatan dari 44 menjadi 80 (dikategorikan sangat baik). Hal ini ditunjukkkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang minat belajarnya dalam kategori tinngi dan sangat tinggi dari 16 peserta didik menjadi 29 peserta didik (dikategorikan sangat baik). Selain itu, pada siklus II peneliti dan guru melakukan perbaikan-perbaikan yang dirasa perlu diperbaiki sehingga pada siklus II ini kategori minat belajar adalah tinggi dan dinyatakan berhasil

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zumrotul Mukaffa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma’rufah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Minat Belajar; Materi Ketentuan Kurban; Strategi Index Card Match.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 03:42
Last Modified: 19 Jan 2016 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item