IMPLEMENTASI KELAS UNGGULAN (EXCELLENCE) AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI SMPN 2 PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwantoro, Suwantoro (2015) IMPLEMENTASI KELAS UNGGULAN (EXCELLENCE) AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI SMPN 2 PAMEKASAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Sebagai wadah dalam proses perkembangan peserta didik, sekolah harus bisa menciptakan suatu cara yang mampu meningkatkan potensi yang dimiliki oleh mereka baik yang bersifat alamiah, perbedaan perorangan maupun kemampuan peserta didik sendiri. Agar proses pembelajaran yang akan dijalaninya menghasilkan perubahan sesuai perkembangan peserta didik.
Terdapat tiga fokus penelitian yang dijadikan pijakan utama dalam proses penggalian data, yakni: Pertama, Bagaimana implementasi kelas unggulan (excellence) agama di SMPN 2 Pamekasan ? Kedua, Bagaimana peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas unggulan (excellence) agama di SMPN 2 Pamekasan ? dan Ketiga, Apa saja faktor pendukung , penghambat dan solusi implementasi kelas unggulan (excellence) agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pamekasan ?
Adapun lokasi penelitian ini adalah SMPN 2 Pamekasan di Jl. Balai Kambang No. 16 Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan sebuah Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif yang berbentuk deskriptif. Sedangkan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik SMPN 2 Pamekasan khususnya pada kelas excellence agama. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk mendukung dan memperkuat hasil temuan yang dilakukan cek keabsahan data, ketekunan pengamatan, t riangulasi dan uraian secara terperinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Imlplementasi kelas excellence agama di SMPN 2 Pamekasan didasarkan atas Pengelompokan kelas berdasarkan keanekaragamaan prestasi, kemampuan, potensi, minat dan bakat peserta didik melalui jalur tes masuk GALAKSI MIPA, S2UB dan PPDB. Kedua:Peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas excellence agama di SMPN 2 Pamekasan ditempuh melalui profesionalitas guru, pengembangan kurikulum, ketersediaan fasilitas pendidikan serta efektifitas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga: Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dari peningkatan mutu pembelajaran pada kelas excellence agama secara umumnya meliputi persiapan guru dalam melakukan pembelajaran, motivasi peserta didik serta kegiatan mentoring agama yang dilaksanakan di luar jam sekolah. Secara khususnya (pembelajran tah}fidh al-Qur’an) meliputi minat, lingkungan keluarga, tempat pembelajaran (mushollah) dan ketelatenan pembimbing. Sedangkan pada faktor penghambatnya secara umum meliputi mental siswa dan suasana kelas yang tidak kondusif. Secara khususnya (pembelajran tah}fidh al-Qur’an) meliputi sifat malas peserta didik, lupa, pengelolaan waktu yang tidak optimal, tidak adanya apresiasi dari sekolah serta kurangnya perhatian dari orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hanun Asrohah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwantoro, SuwantoroUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Mutu Pendidikan;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:14
Last Modified: 25 Sep 2017 10:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item