I'DAAD KURAASAH AL TADRIBAAT MAHARAH AL KITABAH LI THALABAH AL SHAF AL AASYIR : BAHTS TATHWIIRII BIMADRASAH BAHAUDDIN AL TSAANAWII ULUM TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtafi'ah, Sabkiati (2015) I'DAAD KURAASAH AL TADRIBAAT MAHARAH AL KITABAH LI THALABAH AL SHAF AL AASYIR : BAHTS TATHWIIRII BIMADRASAH BAHAUDDIN AL TSAANAWII ULUM TAMAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu macam keterampilan berbahasa. Menulis juga merupakan salah satu sarana komunikasi antar manusia. Maka penting bagi siswa untuk menguasai keterampilan menulis dalam bahasa Arab, agar siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab melalui tulisan. Namun setelah melakukan observasi langsung di kelas X Madrasa Aliyah Bahauddin, penulis mendapati bahwa keterampilan menulis siswa kelas X ini sangat lemah. Maka untuk mengatasi masalah ini penulis menyusun buku pendamping berupa buku Lembar Kerja Siswa agar dapat digunakan siswa untuk mengasah keterampilan menulis mereka dengan latihan-latihan yang telah disediakan di dalamnya sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses penyusunan buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin? 2. Bagaimana implementasi buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin? 3. Bagaimana efektifitas buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menunjuk seluruh siswa kelas X sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: tes, wawancara, observasi dan angket.
Setelah menyusun buku, mengimplementasikannya dalam pembelajaran dan menganalisa data yang didapat penulis menyimpulkan bahwa: 1. Dalam proses penyusunan didapati bahwa buku pendamping yang penulis susun layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan prosestase 75%. Angka ini diperoleh dari hasil validasi oleh beberapa ahli bahan ajar bahasa Arab. 2. Buku pendamping ini telah diujicobakan kepada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bahauddin. 3. Buku pendamping ini sangat efektif untuk meningkat keterampilan menulis siswa, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan yang cukup signifikan di angka 9,58% dari prosentase nilai pretest 2,95% menjadi 5,22% pada nilai posttest

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Muhammad Afifuddin Dimyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtafi'ah, SabkiatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Menulis; Ketrampilan; Strategi Belajar; Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:20
Last Modified: 21 Jan 2016 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item