PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MATERI NKRI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS 3 SUNAN GIRI SEMESTER I MINU TRATE PUTERA GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Huda (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MATERI NKRI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS 3 SUNAN GIRI SEMESTER I MINU TRATE PUTERA GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan kooperatif dengan teknik cross word puzzle (TTS) dapat meningkatkan motivasi prestasi belajar siswa dengan ditandai dengan prestasi belajar yang semakin meningkat dalam setiap siklus, yaitu siklus I (53,3%), siklus II (70%) dan siklus III (96,6%)
Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik cross word puzzle dalam meningkatkan hasil belajar atau daya serap materi mencapai ketuntasan dengan ditandai dengan semakin meningkatnya dalam setiap siklus.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, dari uraian sebelumnya agar proses belajar mengajar PKn lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan saran sebagai berikut:
1.Untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan teknik cross word puzzle harus mempersiapkan dulu perencanaan dengan baik, guru harus membuat bentuk-bentuk soal teka-teki silang yang mudah dipahami siswa.
2.Peran aktif guru sangat diperlukan dalam hal ini, karena tanpa penjelasan bimbingan dan arahan dari guru, siswa juga akan kurang bisa menerima metode pembelajaran ini.
3.Dalam rangka meningkatkan motivasi siswa, guru diharapkan bisa menguasai kelas untuk bisa mengendalikan siswa yang belajar dengan kelompok dengan memberikan perhatian yang sama antar kelompok.
4.Perlu adanya penelitian lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di kelas III Sunan Giri MINU Tratee Putera Gresik pada semester I tahun pelajaran 2014/2015.
5.Untuk penelitian yang serupa, hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lilik Nofijanti
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, HudaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kooperatif; Teknik Cross Word Puzzle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:38
Last Modified: 22 Jan 2016 00:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item