IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JAMBANGAN SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu’arofah, Mu’arofah (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JAMBANGAN SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambangan Surabaya ? (2) Apakah Pelaksanaan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambangan Surabaya pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VA MIN Jambangan Surabaya pada tahun Pelajaran 2013-2014. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
Karya ilmiah ini adalah penelitian tindakan kelas( PTK ) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA MIN Jambangan yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik tes dan observasi. Sedangkan Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pelaksanaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambangan Surabaya menggunakan media pembelajaran berupa dua jenis permen, plastik klip, spidol, dan kertas HVS. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi kelompok. Pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Hal ini terbukti dengan kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 72 dengan prosentase 56,67%. Pada siklus I nilai rata-rata 81,3 dengan prosentase 73,33%. Dan nilai rata-rata pada sklus II 90,6 dengan prosentase ketuntasan 90%. Sebelum diadakan penelitian siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 19 .Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 22 siswa. Dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 27. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil Belajar materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada siswa kelas VA MIN Jambangan Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu’arofah, Mu’arofahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:03
Last Modified: 22 Jan 2016 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item