PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V MI HASYIM ASY’ARI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Sri (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V MI HASYIM ASY’ARI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas, hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan di MI Hasyim Asy’ari pada siswa kelas V masih rendah. Hal ini disebabkan guru selalu menggunakan metode ceramah yang kurang inovatif dan menyenangkan serta kurang mampu mendorong siswa berfikir kritis, sistematis, logis, inovatif dan berkemampuan bekerja sama yang efektif. Menanggapi hal tersebut, maka dilaksanakan pembelajaran dengan metode TAI melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari sebelum diberi tindakan; (2) Bagaimana penerapan metode TAI pada mata pelajaran matematika di MI Hasyim Asy’ari; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan dengan metode TAI di MI Hasyim Asy’ari.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa sebelum diberi tindakan, mendeskripsikan penerapan metode TAI pada mata pelajaran matematika dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan dengan menggunakan metode TAI di MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo.
Model yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan belum maksimal pada pra siklus dengan persentase ketuntasan belajar siswa 40,6% yaitu hanya 13 siswa yang tuntas dari 32 siswa. Penerapan metode TAI pada mata pelajaran matematika berjalan dengan baik dan terdapat peningkatan pada tiap siklusnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai nilai 72,5 menjadi 92,5 pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas guru mencapai nilai 75,92 menjadi 91,2 pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, hal ini ditunjukkan pada saat pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 40,6% dengan nilai rata-rata 60,78 meningkat menjadi 71,88% dengan nilai rata-rata 71,53 pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 83,5 pada siklus II. Dengan demikian, metode TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyuniati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Hasil Belajar Matematika; Metode Team Assisted Individualization (TAI); Operasi Hitung Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 01:15
Last Modified: 26 Jan 2016 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item