PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA MELALUI METODE STIR THE CLASS PADA SISWA KELAS III MI NADLATUL ULAMA’ SUMOKALI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nisvauli Novia (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA MELALUI METODE STIR THE CLASS PADA SISWA KELAS III MI NADLATUL ULAMA’ SUMOKALI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan bahwa hasil belajar IPA materi sumber energi dan kegunannya pada siswa kelas III MI Nadlatul Ulama’ Sumokali Sidoarjo masih sangat rendah. Dari 20 siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan 12 lainnya masih dibawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena guru menggunakan pendekatan pembelajaran teacher center sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menerapkan metode Stir The Class dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui penerapan metode Stir The Class materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III MI Nadlatul Ulama’ Sumokali Sidoarjo?. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi sumber energi dan kegunaannya melalui metode Stir The Class?.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting) yang dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Stir The Class berlangsung dengan baik dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh prosentase 62% dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh prosentase 89,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh prosentase 70% dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh prosentase 87,5% dengan kriteria sangat baik. Penerapan metode Stir The Class disertai dengan siswa lebih bertanggung jawab atas diri dan kelompoknya. (2) adanya peningkatan hasil belajar siswa materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III MI NU Sumokali Sidoarjo melalui metode Stir The Class. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 65% kriteria cukup dengan rata-rata 72,3, dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa 85% kriteria sangat baik dengan rata-rata 79,55

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chaerati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nisvauli NoviaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: IPA; Sumber Energi; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:08
Last Modified: 26 Jan 2016 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3958

Actions (login required)

View Item View Item