KOMUNIKASI DALAM GAYA HIDUP ANGGOTA HIJABERS (STUDI ANALISIS KUALITATIF PADA ANGGOTA HIJABERS AGENCY MODEL “KEM AYU” DI SURABAYA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Khodijah Nur (2015) KOMUNIKASI DALAM GAYA HIDUP ANGGOTA HIJABERS (STUDI ANALISIS KUALITATIF PADA ANGGOTA HIJABERS AGENCY MODEL “KEM AYU” DI SURABAYA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini mengenai persepsi hijab, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang tergambar dalam gaya hidup anggota hijabers Agency Kemayu di Surabaya. Untuk meneliti persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data secara deskriptif dalam menjawab permasalahan yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah anggota dari Agency Kemayu Surabaya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1)persepsi mempengaruhi cara berkomunikasi baik secara verbal dan nonverbal, (2)bahasa variatif dan sebutan khas sebagai komunikasi verbal menjadi sebuah gaya hidup dalam berbahasa yang memberikan nilai lebih bagi penggunanya, (3)penampilan dan tingkat kemandirian sebagai komunikasi nonverbal menggambarkan pemilihan gaya hidup penggunanya dan menjadi sebuah simbol penonjolan identitas diri.

Secara keseluruhan dapat dipahami bahwa gaya hidup anggota hijabers agency Kemayu dipengaruhi oleh persepsinya mengenai hijab yang kemudian diaplikasikan dengan menunjang penampilan yang tidak hanya dari segi busana, aksesoris, make-up tetapi juga gaya berbahasa dan pemenuhan kebutuhan melalui tingkat kemandirian yang mereka pilih. Hal tersebut mencerminkan komunikasi dalam gaya hidup seseorang maupun komunitas yang dipilih terlebih dijadikan sebuah patokan berdasarkan trend masa kini dan menjadi sebuah tolak ukur kepantasan di lapisan masyarakat. Penulis sadari terdapat banyak kekurangan dalam skripsi ini, oleh karena itu penulis harapkan adanya penelitian lanjutan yang lebih baik demi kesempurnaan penelitian dan perbaikan mengenai Hijab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nikmah Hadiati Salisah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Khodijah NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi; Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 27 Jan 2016 14:14
Last Modified: 27 Jan 2016 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item