This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chotimah, Khusnul (2015) A STUDY ON TEACHER'S KNOWLEDGE IN DESIGNING A SYLLABUS OF SPEECH SUBJECT AT SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (895kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Silabus merupakan salah satu persiapan penting sebelum proses pembelajaran dimulai. Silabus membantu guru dalam memilih dan menyusun materi serta media interaktif untuk proses pembelajaran. Akan tetapi, ada beberapa guru yang menyusun silabus sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisa tingkat pengetahuan guru sebagai penyusun dan perencana dalam pembuatan silabus untuk kelas pidato pada SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dimana guru pidato menyusun silabusnya sendiri karena silabus untuk pembelajaran pidato tidak tercantum dalam Kurikulum Nasional yang ada di Indonesia. Adapun pengetahuan dalam penelitian ini dibatasi dalam pengetahuan pedagogik atau kemampuan pedagogik. Penelitian ini juga menguji kualitas dari silabus untuk pembelajaran pidato yang telah disusun oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif berkaitan dengan pengetahuan guru dalam menyusun silabus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dari kumpulan teori untuk menjawab masalah penelitian yang pertama dan dokumentasi untuk menjawab masalah penelitian yang kedua. Subjek penelitian ini adalah guru pidato di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Berdasarkan hasil analisa data,tingkat pengetahuan guru dalam menyusun silabus terletak pada tingkatan nomor 3 yang berarti efektif. Penentuan tingkatan pengetahuan guru ditetapkan berdasarkan rubrik evaluasi guru yang diadaptasi dari teori Kim Marshal. Nilai rata-rata pengetahuan yang diperoleh guru adalah 3,4 dari 14 indikator. Adapun, kualitas dari silabus untuk pembelajaran pidato adalah sangat baik. Hal ini berarti silabus tersebut dapat digunakan sebagai contoh untuk pembelajaran pidato lainnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Arba’iyah Ys, Ana Nurul Laila | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pengetahuan Guru; Silabus; Pidato; Menyusun Silabus; Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2016 03:18 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2017 14:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4168 |
Actions (login required)
View Item |