Peningkatan hasil belajar Matematika materi pengurangan bilangan bulat melalui media pita garis bilangan pada siswa kelas V MI Darus Salam Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulanah, Siti (2016) Peningkatan hasil belajar Matematika materi pengurangan bilangan bulat melalui media pita garis bilangan pada siswa kelas V MI Darus Salam Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan dari skripsi ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Darus Salam pada mata pelajaran matematika materi Pengurangan bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan strategi, metode, alat peraga dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media pita garis bilangan.
Permasalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika pada siswa kelas V materi pengurangan bilangan bulat di MI Darus Salam sebelum diberi tindakan; (2) Bagaimana penerapan media pita garis bilangan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Darus Salam; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V MI Darus Salam dengan media pita garis bilangan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas V materi pengurangan bilangan bulat MI Darus Salam sebelum diberi tindakan, mengetahui penerapan media pita garis bilangan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Darus Salam dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V MI Darus Salam dengan media pita garis bilangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus PTK oleh Kurt Lewin. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darus Salam Gresik tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. KKM mata pelajaran matematika di MI Darus Salam adalah 64
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada saat pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa 31,5% atau jumlah siswa yang tuntas hanya 6 siswa dengan nilai rata-rata 58. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 66,6% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata 74,2. Siklus II juga menunjukkan peningkatan yaitu persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,4% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 86,5 Dengan demikian, penerapan media pita garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V MI Darus Salam Wringinanom-Gresik.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Pita Garis Bilangan, Pengurangan Bilangan Bulat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulanah, Sitisitimaulanah14@gmail.comD37211090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuniati, Wahyuniatideen2bemax@gmail.com2029048501
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media Belajar; Materi Pengurangan; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti maulanah
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:11
Last Modified: 09 Dec 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item