Tathwiir Mawaad Ta'liim Al Lughah Al 'Arabiyyah 'Ala Al Mustawa Al Jami'y: Bahts Al Tathwiir Bi Al Tathbiiq 'Ala Thullab Al Mustawa Al Awwal Bi Ma'had Nur Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Erni Auliya (2016) Tathwiir Mawaad Ta'liim Al Lughah Al 'Arabiyyah 'Ala Al Mustawa Al Jami'y: Bahts Al Tathwiir Bi Al Tathbiiq 'Ala Thullab Al Mustawa Al Awwal Bi Ma'had Nur Al Falah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya empat keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca dan menulis) masing-masing dapat dikembangkan. Aktivitas berbahasa pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) atau membaca dalam sebuah teks dengan baik, tetapi keterampilan berbahasa itu merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran bahasa arab perlu kiranya buku ajar yang digunakan memiliki karakteristik dan pendekatan yang dapat memudahkan bagi para dosen dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa sehingga mahasiswa senang menerima pelajaran dan tidak mudah jenuh.
Oleh karena itu, peneliti berkeinginan menambah keterampilan berbahasa siswa (mendengar, berbicara, membaca dan menulis) untuk mengembangkan materi-materi di kitab Al-arabiyah li tholabah, untuk mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan menambah keterampilan berbahasa, serta untuk menambah minat mereka dalam mempelajari bahasa arab, agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan lebih baik dari sebelumnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan empat keterampilan berbahasa untuk mengembangkan materi-materi bahasa arab di kitab Al-arabiyah littholabah yaitu dengan gambar dan warna bermacam-macam dan menambah latihan-latihan.
Penelitian ini dilakukan dengan uji coba di pondok pesantren Nurul Falah Surabaya, rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana analisis kitab Arabiyah Lit-tholabah dalam pembelajaran bahasa arab di UIN Sunan Ampel Surabaya beserta praktiknya pada Mahasiswa di Pondok pesantren Nurul falah Surabaya?.2). Bagaimana pengembangan kitab Arabiyah Lit-tholabah dalam pembelajaran bahasa arab di UIN Sunan Ampel Surabaya beserta praktiknya pada Mahasiswa di Pondok pesantren Nurul falah Surabaya?, dan 3). Apakah efektif buku pengembangan dalam pembelajaran bahasa arab di UIN Sunan Ampel Surabaya beserta praktiknya pada Mahasiswa di Pondok pesantren Nurul falah Surabaya?,
Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan proses pengembangan materi dan melakukan uji coba. Instrument yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah peneliti menghasilkan sebuah buku materi-materi di kitab Al- Arabiyah li tholabah dengan menggunakan empat keterampilan bahasa dengan berbagai warna dan latihan-latihan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengembangan materi-materi bahasa arab di kitab Al-arabiyah litholabah dengan empat keterampilan bahasa di Universitas Sunan Ampel Surabaya pada mahasiswa di Pondok pesantren Nurul Falah Surabaya, adalah “efektif”. Dengan bukti bahwa nilai T account 6,94 lebih besar dari pada T table 2,39.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Erni Auliyaerni291091@gmail.comF16213254
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqiUNSPECIFIED197402202003121004
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pengembangan materi; peningkatan; empat maharah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Erni Auliya
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:10
Last Modified: 05 Dec 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item