TERAPI BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENCONTOHAN DALAM MENANGANI GANGGUAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER ) DI SLB AUTIS “MUTIARA HATI“ KOTA MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romalik, Romalik (2016) TERAPI BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENCONTOHAN DALAM MENANGANI GANGGUAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER ) DI SLB AUTIS “MUTIARA HATI“ KOTA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gangguan konsentrasi belajar pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB Autis “Mutiara Hati” Kota Mojokerto dan juga menganalisis bagaimana pelaksanaan terapi behavioral dengan teknik pencontohan terhadap anak ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB Autis “ Mutiara Hati” Kota Mojokerto. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah anak ADHD dan obyek penelitian ini adalah terapi behavioral dengan teknik pencontohan dalam menangani ganguan konsentrasi belajar di SLB Autis ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah bentuk - bentuk gangguan konsentrasi belajar yang dialami oleh DF (anak ADHD) yaitu kurang perhatian, kurang lancar dalam membaca, kurang lancar dalam berhitung, tulisan yang jelek dan menghindari tugas. Pelaksanaan terapi behavioral dengan teknik pencontohan ini menggunakan metode yaitu mulai dari analisis, identifikasi, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi. Terapi behavior ini untuk lebih bisa menenangkan anak ADHD yang hiperaktif, sementara teknik pencontohan adalah menyuruh anak ADHD meniru perilaku seorang model yang membuatnya nyaman. Dengan teknik ini dirasa bisa menangani gangguan konsentrasi belajar karena salah satu kebiasaan anak ADHD adalah meniru. Dengan terapi ini anak ADHD menjadi lebih berkurang gangguan konsentrasinya, anak ADHD sudah mulai lancar untuk membaca, lancar untuk berhitung, tulisan tangan yang mulai rapi, perhatian yang lebih fokus dan tidak menghindar jika diberi tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romalik, RomalikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Behavioral dengan Teknik Pencontohan; Gangguan konsentrasi belajar; anak ADHD.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: ROMALIK ROMALIK ROMALIK
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:09
Last Modified: 14 Apr 2016 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item