PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS IV MATERI SHOLAT DI MI SABILIL MUHTADIN SEMAMPIR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M. Safii, M. Safii (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS IV MATERI SHOLAT DI MI SABILIL MUHTADIN SEMAMPIR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Pada Kelas IV Materi Sholat Di MI Sabilil Muhtadin Kecamatan Semampir Surabaya? (2) Bagaimana efektifitas penerapan metode demonstrasi pada pembelajarn fiqih di kelas IV Materi Shoalat Di MI Sabilil Muhtadin Kecamatan Semampir Kota surabaya ? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Pada Kelas IV Materi
Sholat Di MI Sabilil Muhtadin Kecamatan Semampir Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV MI MI Sabilil Muhtadin Kecamatan Semampir Surabaya. Data yang diperoleh berupa hasil tes kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus persentase 52,9% meningkat menjadi 67,9% pada siklus I dengan selisih 15,0% dan di siklus II sudah mencapai 88,2% dengan selisih dari siklus I yaitu 20,3%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV MI MI Sabilil Muhtadin Kecamatan Semampir Surabaya, serta Metode demonstrasi ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
M. Safii, M. SafiiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Demonstrasi; Pembelajaran Fiqih; Materi Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 02:01
Last Modified: 11 Feb 2015 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item