Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dan Citra Lembaga di Mi Ma'arif Nu Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

azizah, lailatul (2016) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dan Citra Lembaga di Mi Ma'arif Nu Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)strategi pemasaran jasa pendidikan,(2)citra lembaga dalam perspektif masyarakat pengguna,(3)peranan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga.Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan di MINU Pucang Sidoarjo?;(2)bagimana citra lembaga di MINU Pucang Sidoarjo?;(3)bagaimana peranan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MINU Pucang Sidoarjo?.untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka humas, siswa dan orangtua siswa.Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang, bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan dan citra lembaga di MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:1)Strategi pemasaran jasa pendidikan yang dimiliki MINU Pucang adalah VIRUS. Strategi VIRUS ini meliputi: produk(MINU menawarkan kualitas pembelajaran, reputasi, prospek, mutu pendidikan yang baik, dan peluang yang cerah bagi para siswa); price(harga yang ditetapkan pihak madrasah sangat terjangkau dan tidak dibeda-bedakan melainkan disamaratakan mulai dari kelas ICP, Bilingual dan Reguler); people(kualifikasi guru keseluruhan S1 44% dan S2 56% .dan mempunyai sertifikat Cambridge International Certification Trainer of Teacher, 20% tenaga pendidik bersertifikasi nasional dan 14% tenaga pendidik bersertifikasi internasional); proses(sebelum masuk kelas, setiap pagi siswa MINU membaca asmaul husna, surat-suratpendek, sholat dhuha berjamaah, mendeskripsikan gambar menggunakan bahasa inggris dan membaca al-qur’an); physical evidence(Sarana dan prasana untuk proses pembelajaran di MINU sudah memenuhi kebutuhan siswa, kelayakan fasilitas gedung dan kelas yang tersedia, perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif; 2) citra lembaga menurut masyarakat pengguna adalah baik karena fasilitas (kelayakan bangunan, ruang kelas memadai, perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif, guru memberikan pelayanan kepada siswa pada saat proses belajar mengajar) yang dimiliki sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan;3)peranan strategi pemasaran jasa pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan citra lembaga karena dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap madrasah, dapat menganalisis kebutuhan dan keinginan stakeholder, dapat meningkatkan persepsi positif masyarakat pengguna terhadap madrasah dan dapat mempengaruhi kebutuhan dan keinginan stakeholder.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Citra Lembaga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
azizah, lailatulazizah.lyla@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: lailatul azizah
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:14
Last Modified: 06 Nov 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item