Profil tambak budidaya polikultur dan genangan rob di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Nabilah (2022) Profil tambak budidaya polikultur dan genangan rob di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Amaliyah_H04218008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu wilayah pesisir yang rawan terhadap perubahan iklim yang disebabkan oleh kenaikan muka air laut atau rob. Banjir rob menjadi salah satu peristiwa yang sangat merugikan dan mengakibatkan kerusakan pada sektor usaha, khususnya pada usaha perikanan budidaya yang dilakukan ditambak. Sehingga penelitian ini dilakukan guna mengetahui permasalahan yang dialami oleh tambak budidaya dan kondisi komoditinya, kemudian perlu adanya pengetahuan mengenai kondisi genangan rob di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana upaya penanggulangan rob oleh pada tambak budidaya polikultur di Kecamatan Jabon, Sidoarjo studi kasus pada Dusun Tegal Sari, Desa Kupang. Hasil analisis yang dilakukan Permasalahan yang dialami oleh petani tambak yaitu abrasi, iklim tidak menentu dan ketinggian lahan tanggul yang kurang. Sehingga komoditi yang dibudidayakan mengalami penghambatan pertumbuhan. Kemudian untuk hasil dari peta ancaman genangan rob, potensi besar terendam pasang rob yaitu pada bulan Desember – Januari dan bulan Mei – Juni. Sedangkan pada bulan September – Oktober tidak atau sedang terendam pasang rob. Terakhir, upaya yang dilakukan oleh petambak yaitu dengan melakukan peninggian tanggul tambak untuk menghindari genangan rob yang berlebih atau melebihi daya tampung air dalam lahan tambak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Nabilahnabilahaisyah30@gmail.comH04218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id--
Subjects: Jual Beli
Manajemen Strategi
Ikan > Perikanan Tambak
Wirausaha
Keywords: Profil Tambak; Budidaya Polikultur; Penanggulangan ROB; Desain Tambak
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nabilah Amaliyah
Date Deposited: 15 May 2023 04:15
Last Modified: 15 May 2023 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60352

Actions (login required)

View Item View Item