Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Strategi Problem Solving di Madrasah Ibtidaiyah Semesta Kelas V Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Ahmad Arif (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Strategi Problem Solving di Madrasah Ibtidaiyah Semesta Kelas V Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil yang optimal. Hasil Belajar matematika siswa kelas V MI Semesta kedungmaling sooko mojokerto sangat rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran matematika di MI tersebut masih menggunakan metode ceramah dimana siswa hanya mendengarkan guru bercerita dan menerangkan materi tanpa memahami masalah yang belum di fahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar matematika siswa kelas V MI Semesta kedungmaling sooko mojokerto setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi problem solving.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode ini pada hakikatnya adalah perangkat-perangkat atau untaian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai suatu siklus. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Semesta kedungmaling Sooko mojokerto yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya hasil belajar matematika siswa. Data hasil lembar observasi hasil belajar pada pra silkus sebesar 40%, Data hasil lembar observasi hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa sebesar 63%. Artinya meningkat 23%. Data hasil lembar observasi hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai hasil belajar kategori meningkat sebesar 90%, artinya meningkat 27% dibanding siklus I.
Berdasarkan data yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar matematika siswa kelas V MI Semesta Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi Problem Solving

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Ahmad ArifUNSPECIFIEDD54211082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:57
Last Modified: 05 Dec 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item