Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas V di MI Mahir Ar Riyadl Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arisanti, Desi (2016) Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas V di MI Mahir Ar Riyadl Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 .pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat di Madrasah Ibtidaiyah Mahir ar Riyadl Surabaya memicu peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas agar bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), karena dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) melibatkan siswa dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mahir Ar Riyadl Surabaya.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Dimana penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa tahap diantaranya yaitu (1) perencanaan : dimana pada ini tujuan peneliti menganalisis masalah yang terjadi. (2)Tindakan : Pada tahap ini mulailah melaksanakan tindakan yang sudah direncanakan dan di diskusikan sebelumnya. (3) Pengamatan pada tahap ini peneliti melekukan monitoring terhadap prosestindakan kelas dan hasil belajar siswa. (4) Refleksi : Pada tahap ini data yang diperoleh pada saat observasi dikumpulkan dan dianalisis, kemudian hasil refleksi pada sisklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk peleksanaan pada siklus berikutnya, sehingga proses dan pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah HI Ibtidaiyah MAHIR Ar Riyadl Surabaya yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa permpuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mahir Ar Riyadl Surabaya. Peningkatan rata-rata siswa siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan yakni 60% menjadi 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arisanti, Desi--D54211086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Keywords: Operasi Hitung; Bilangan Bulat; LKS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2016 05:01
Last Modified: 13 Jan 2020 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6367

Actions (login required)

View Item View Item