PESAN MORAL ISLAM PADA FILM SANG MURABBI, SANG PENCERAH DAN SANG KIAI(ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safi'i, Imam (2016) PESAN MORAL ISLAM PADA FILM SANG MURABBI, SANG PENCERAH DAN SANG KIAI(ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang perlu dijawab pada penelitian ini (1) Bagaimana penanda dan petanda ke-lima pesan moral Islam pada film Sang Murabbi, Sang Pencerah dan Sang Kiai. (2) Bagaimana makna dari penanda dan petanda ke-lima pesan moral Islam pada film Sang murabbi, Sang Pencerah dan Sang Kiai.
Jenis penelitian ini adalah analisis isi-kritis kualitatif dengan model semiotika dari Roland Barthes, Peneliti di dalam melakukan analisis bersikap kritis terhadap realitas yang ada dalam objek penelitian yang akan di analisis.
Adapun hasil penelitian menunjukan (1) Penanda dan petanda ke-lima pesan moral Islam dalam ketiga film bersifat dialogis sehingga membentuk sebuah makna yang di sesuaikan dengan kategorisasi pesan moral Islam menurut As-Sahrawadi yang mencakup lima konsep diantaranya a).Tawadu’. b). Lemah lembut c). Amal shaleh d). Sabar dan e). Pemaaf. (2). Makna denotasi dari penanda dan petanda ke-lima pesan moral Islam adalah : a).Perilaku tawaduk pada film Sang Murabi & Sang Pencerah dengan mengikuti saran dari orang tua dan guru. b). Lemah lembut pada film Sang Murabbi & Sang Pencerah pada saat menjelaskan kebenaran pada orang lain sedang dalam film Sang Kiai lemah lembut dalam melawan Belanda sebagai strategi merebut kemerdekaan NKRI. c). Amal shaleh pada ketiga film dengan menyantuni faqir miskin dan orang-orang yang tidak mampu d). Sabar pada ketiga film dengan mampu menahan emosi diri Ustad Rahmad dituduh telah menjalankan pengajian sesat, KH Ahmad Dahlan sabar saat langgarnya dirobohkan warga, dan dijuluki kiai kafir sedangkan KH. Hasyim Asy’ary sabar saat disiksa oleh Jepang dan ditinggalkan muridnya.e). Pemaaf KH. Ahmad Dahlan memaafkan santrinya yang datang meminta maaf kepadanya. Makna konotasi dari penanda dan petanda ke-lima pesan moral Islam adalah a). Tawadu sebagai mana konsep sikap tawadu’ dengan tidak menolak kebenaran yang datang, memandang minor pada diri b). Lemah-lembut pada ke-tiga film dengan menolak kejelekan dengan perilaku baik. c). Amal shaleh pada ke-tiga filmdi aplikasikan dengan memberikan harta kepada orang lain. d). Sabar pada ketiga film dimaksudkan sabar saat menghadapi cobaan dari orang-orang yang berperangai kasar, memilih untuk menghindari perselisihan. e). Pemaaf dengan memaafkan orang-orang yang berbuat salah serta menghilangkan rasa dendan pada film Sang Pencerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safi'i, Imamimamsafii1945@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Film religi; semiotika; pesan moral islam.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Imam Safi'i
Date Deposited: 23 May 2016 02:37
Last Modified: 23 May 2016 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item